Hakata Dontaku


Untuk kesekian kalinya PPIF berpartisipasi dalam acara pawai Hakata Dontaku. Pawai yang secara historis berawal dari perayaan lokal tahun baru yang disebut Matsubayashi yang diselenggarakan tahun 1179. Tradisi ini kemudian menjadi festival yang besar untuk seluruh warga Jepang di Fukuoka, di mana orang-orang melakukan parade dengan mengenakan pakaian-pakaian yang unik, menari, memainkan alat musik, dsb. Yang menjadi kebiasaan pada acara ini, orang-orang membawa dua sendok besar kayu (shamoji), mirip seperti sendok nasi, kemudian menepuk-nepukkan keduanya dalam festival. Kata Dontaku berasal dari bahasa Belanda “zontag” yang berarti hari libur. Ya memang Hakata Dontaku dilaksanakan bertepatan dengan libur nasional yang dikenal dengan Golden Week.

Hakata-dontaku-3
Tahun ini, Hakata Dontaku yang diselenggarakan pada tanggal 3 Mei, tidak luput dari partisipasi warga PPIF. Tim Indonesia menerjunkan sekitar 30 orang ditambah beberapa orang Jepang yang ikut gabung dalam tim ini. Mereka mengenakan pakaian daerah, mulai dari pakaian Sumatera, Jawa, Bali dan Sulawesi. Hal yang berbeda dengan tahun lalu, tim Indonesia kali ini tidak menerjunkan gatotkaca dan hanoman kembar, tetapi digantikan oleh Rahwana, satu Hanoman serta menampilkan tokoh Shinta dan kecak Bali.

Hakata-dontaku-4
Parade dimulai sekitar jam 14 siang dari lapangan di depan kantor JASSO dan berakhir di lapangan belakang Gedung Accross Fukuoka, menempuh jarak sekitar dua kilometer. Puluhan bahkan mungkin ratusan kontingen turut berpartisipasi dalam parade ini, terbagi dalam dua kelompok besar yaitu kontingen Internasional dan lokal. Kontingen internasional meliputi tim dari berbagai negara seperti Indonesia, Vietnam, Nepal, China, Amerika, Inggris, Jerman, dan masih banyak negara lain. Sementara kontingen lokal terdiri atas tim-tim perusahaan, dan berbagai komunitas atau kelompok masyarakat. (pbs).

Hakata-dontaku-2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s