Indonesia-Malaysia Badminton Friendly Match


Bisa dibilang, badminton adalah salah satu olah raga yang sudah mendarah daging bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Olah raga yang satu ini memang sangat populer, tidak saja di Indonesia, tetapi juga di beberapa negara Asia lainnya, termasuk Malaysia. Di manapun berada, olah raga yang satu ini merupakan olah raga favorit yang selalu dimainkan, terlebih oleh komunitas pelajar Indonesia di luar negeri. Tampaknya fenomena ini juga terjadi pada perkumpulan pelajar Malaysia di luar negeri.
Hari Sabtu 30 Mei 2009 yang lalu, PPIF menyelenggarakan pertandingan persahabatan melawan perkumpulan pelajar Malaysia di Fukuoka. Pertandingan yang diselengarakan di Higashi-ku sport center ini memainkan empat pertandingan utama dan tiga pertandingan tambahan. Sebenarnya dari pihak Indonesia sudah menyiapkan tujuh tim ganda untuk melawan Malaysia. Tetapi, karena ternyata pihak Malaysia hanya mengirimkan empat tim pemain utama, maka akhirnya pertandingan hanya memainkan empat pertandingan utama plus tiga pertandingan tambahan.

Badmiton3
Dari empat pertandingan utama, tim Indonesia berhasil dengan telak mengalahkan tim Malayisa dengan skor 3-1. Kemenangan ini dibukukan oleh pasangan Purnama-Taufik, Cecep-Martin, dan Agung-Arwin. Sementara dari tiga pertandingan tambahan, tim Malayisa mengalahkan Indonesia dengan skor 3-0. Kekalahan tim Indonesia di pertandingan tambahan ini adalah wajar, karena pada pertandingan ini komposisi pemain tim Indonesia adalah pemain-pemain lapis kedua. Sementara di pihak lain, tim Malaysia kembali menerjunkan pemain utama mereka yang sebelumnya main di pertandingan utama. Jadi bisa dibilang, pertandingan pada partai tambahan ini memang tidak seimbang, karena pemain lapis kedua Indonesia harus berhadapan dengan pemain utama Malaysia.

Badmiton4
Diliputi oleh nuansa persahabatan antar dua negara serumpun, pertandingan persahabatan hari sabtu kemarin berlangsung dengan meriah dan lancar. Suporter dari kedua kubu yang dengan antusias memberikan semangat kepada timnya masing-masing tidak menunjukkan aksi anarkis. Semua berjalan dengan tertib, aman dan terkendali. Kalimat provokatif yang pernah diucapkan oleh mendiang Presiden Soekarno ketika berkonfrontasi dengan Malaysia, yang semula diusulkan oleh salah satu anggota PPIF, akhirnya tidak tertulis di spanduk. Di tepi lapangan, hanya terpajang spanduk berukuran 1.5 m x 2 m yang bertuliskan: “Badminton Friendly Match Indonesia-Malaysia. Fukuoka, May 30, 2009”.

Badmiton5
Pertandingan yang diawali dengan foto bersama ini, diakhiri dengan sambutan oleh pihak Indonesia dan Malaysia. Wakil dari Indonesia menekankan bahwa esensi dari pertandingan ini adalah untuk meningkatkan persahabatan antar dua negara dan juga untuk meraih kesehatan jasmani dan rohani melalui olah raga. Wakil dari Malaysia menyampaikan ucapan terimakasih atas usaha PPIF dalam memfasilitasi event ini. Acara kemudian ditutup dengan foto bersama. Sementara tim Indonesia melanjutkan latihan badminton.
Berikut susunan tim Indonesia:
Pasangan pemain utama: Cecep-Martin, Purnama-Taufik,  Nasrudin-Yunus, Arwin-Agung.
Pasangan pemain tambahan: Sugeng-Ruslin, Akmal-Luki, Didit-Barkah.
(pbs).

Badmiton1

One thought on “Indonesia-Malaysia Badminton Friendly Match

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s