Penggalangan dana gempa Padang


Gempa bumi 7,6 Skala Richter yang berpusat di 57 km dari Pariaman, Sumatera Barat, yang terjadi tanggal 30 September 2009 yang lalu telah menelan korban jiwa dan harta benda yang tak ternilai. Solidaritas kemanusianpun terpanggil untuk membantu meringankan penderitaan sesama umat manusia. Beberapa negara telah mengirimkan bantuan logistik dan tim SAR, begitu pula saudara-saudara setanah air, melakukan yang terbaik untuk meringankan saudara di Padang dan Pariaman.

Padang-interview2
Seperti beberapa aksi sebelumnya, warga PPIF bersama beberapa warga Jepang merespon kejadian bencana alam ini dengan aksi nyata, yaitu turun ke jalan untuk melakukan penggalangan dana. Ada dua lokasi utama yang dijadikan terget pernggalangan dana. Warga PPIF yang bermukin di Kota Fukuoka dan sekitarnya melakukan aksi tiga hari berturut-turut, yaitu hari Sabtu sampai Senin tanggal 10 sampai 12 Oktober 2009, berlokasi di seputaran Tenjin. Sementara warga PPIF yang bermukim di Kita Kyushu melakukan penggalangan dana pada hari Sabtu tanggal 10 dan Senin tanggal 12 Oktober 2009.

Padang-interview
Kegiatan penggalangan dana dilakukan dengan cara menyebarkan pamflet kepada warga kota yang melintas, sambil membawa beberapa poster dan kotak sumbangan. Khusus yang di Fukuoka, kegiatan ini sempat diekspose oleh televisi lokal (KRB), dan beberapa surat kabar harian. Beberapa hari sebelumya, warga PPIF yang berasal dari Padang dan Pariaman sempat diwawancarai oleh stasiun televisi NHK, untuk mengorek informasi mengenai bencana gempa bumi tersebut.

Padang-bambang
Selama tiga hari penggalangan dana ini berhasil terkumpul dana lebih dari 740 ribu yen, yang akan segera disalurkan ke daerah bencana. Koordinator aksi dan Pengurus PPIF mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada para penyumbang, dan juga kepada para aktivis kegiatan ini baik warga PPIF maupun warga Jepang.(pbs)

Padang-ansar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s