Hasil Lomba Pidato Bahasa Indonesia ke-1 di Fukuoka


“Walau tidak mungkin menjadi matahari, saya ingin berbagi kehangatan dan kegembiraan bersama mereka”. Itulah sepenggal kalimat yang disampaikan oleh Chang Suin mahasiswa asal korea yang belajar bahasa Indonesia di APU dalam Lomba Pidato Bahasa Indonesia Wilayah Kyushu – Okinawa. Kalimat ini begitu bermakna sehingga selalu terngiang di telinga penonton, sehingga tak heran Juri sepakat untuk memilih sebagai Juara I.  Dia menceritakan tentang kegiatan kelompok ekstrakuler di kampusnya yang bernama “Matahari” saat berkunjung ke yayasan dharmajati (Bali) dan membawakan buku-buku yang dibuatnya sendiri untuk anak-anak Indonesia. Pengalaman berkunjung inilah merubah hidupnya untuk lebih memberikan arti bagi sesama untuk berbagi dalam kehidupan.

Kegiatan lomba pidato bahasa Indonesia tingkat Kyushu – Okinawa  yang pertama kalinya diadakan di Fukuoka pada hari, Sabtu 21 November 2009 dan merupakan kerjasama PPI Komisariat Fukuoka dengan KBRI Tokyo.  Lomba ini tidak hanya berkewarganegaraan Jepang tapi juga warga Korea yang berasal dari Fukuoka, Kitakyushu, dan Oita.  Diantara peserta lomba, ada beberapa pernah berkunjung dan tinggal di Indonesia namun ada juga yang belum pernah berkunjung.  Namun demikian hal ini menjadi salah satu pertimbangan dalam pemberian nilai oleh dewan juri yang terdiri dari Prof.Dr.Ramiana Zein dari University Andalas, Drs. Rasman, MPd dari SRIT- Tokyo, Emi dari Kyushu International University.

Selain itu yang paling esensi dalam keputusan juri adalah teknik penyampaian yang runut dari awal sampai akhir dan menceritakan tema dengan penuh makna. Setelah melalui penjurian terpilih Juara I bernama Chang Suin, mahasiswa APU dengan tema “ Saya ingin menjadi matahari “. Adapun pemenang lomba  secara lengkap adalah sebagai berikut :

  1. Juara I      :  Chang Suin  ( Mahasiswa APU – Beppu )
  2. Juara II    : Mariko Hatta ( Peserta Umum dari Fukuoka )
  3. Juara III   :  Degai Yoshiko (Mahasiswa Kyushu International University, Kitakyushu)

Pidato Chang Suin pada acara penyerahan hadiah bisa disimak di sini atau di sini.

Tujuan dari penyelenggaraan lomba pidato bahasa Indonesia ini adalah sebagai sarana pengembangan penggunaan bahasa Indonesia di masyarakat Jepang dan dimungkinkan terjalinnya persahabatan Indonesia – Jepang lebih luas lagi. Pada kesempatan ini hadir Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Tokyo Prof. Edison Munaf beserta beberapa staf , Konsul kehormatan Kyudenko, Co dan anggota PPIF. Acara lomba dipandu oleh anggota PPIF sdri Yaya Ramli ( saat ini juga menjabat sebagai ketua FOSA = Fukuoka Overseas  Student Association )  berjalan lancar dan meriah dari awal sampai akhir.

Akhir kata, kami segenap panitia mengucapkan terima kasih pada para peserta, para panitia dan para juri yang senantiasa mengikuti kegiatan kami dari awal sampai akhir. Acara ini terselenggara dengan baik atas dukungan rekan-rekan PPIF: Hari H, Cecep Y, Ginting JK, Heru S, Yunus, Arwin A, Ansar L,  Hindra, Benita D, Nouval S.

(Yudi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s