Jalan-jalan ke Huis Ten Bosch


Seperti tahun-tahun sebelumnya, hari Sabtu, 20 Maret 2010 yang lalu PPIF kembali mendapatkan kesempatan jalan-jalan ke Huis Ten Bosch disponsori oleh Kyudenko (Perusahaan Listrik Kyushu). Huis Ten Bosch di Nagasaki ini adalah replika kota Huis Ten Bosch di Belanda. Nama Huis Ten Bosch yang bermakna “House in the forest” ini meliputi area seluas 152 hektar, dibangun pada tahun tanggal 25 Maret 1992 dan selesai dalam kurun waktu lima tahun. Huis Ten Bosch terletak di pinggir laut, dan menempati daerah reklamasi pantai, yang sebelumnya merupakan daerah yang tidak subur. Kota wisata ini dibangun sebagai pertanda hubungan perdagangan yang sangat “fruitfull” yang diawali oleh kedatangan kapal dari Belanda bernama De Liefde pada tahun 1600-an, dan menjadikan kota Nagasaki sangat makmur pada periode Meiji (akhir abad 19). Dengan support dari pemerintah Belanda dan perusahaan-perusahaan Jepang, proyek pembangunan Huis Ten Bosch dapat direalisasikan.

Adalah suatu kebiasaan bagi PPIF bahwa setiap masa kepengurusan PPIF selalu dilakukan acara jalan-jalan, setidaknya sekali setahun. Acara jalan-jalan bersama warga PPIF tahun ini adalah acara yang semestinya dilakukan pada masa kepengurusan PPIF periode 2009-2010 yang diketuai oleh Yul martin. Akan tetapi, karena satu dan lain hal, acara itu baru dapat direalisasikan pada masa kepengurusan PPIF 2010-2011 yang dipimpin oleh ketua yang baru Hari Hendarto.

Pagi itu, pelataran parkiran belakang Stasiun Hakata dipenuhi oleh kerumunan orang. Meskipun setiap hari  area sekitar stasiun Hakata selalu dipenuhi oleh orang, tetapi keramaian di pagi itu terasa lain. Pertama, karena bulan Maret adalah masa libur sekolah, sehingga pelataran itu terlihat lebih ramai dari hari biasa. Ribuan orang memanfaatkan masa libur ini untuk berwisata ke luar kota. Kedua, keramaian di pelataran stasiun pagi itu terlihat berbeda karena keberadaan ratusan warga PPIF, yang secara fisik memang terlihat berbeda dengan orang Jepang. Alhasil, pagi itu pelataran statiun hakata terlihat meriah, bagaikan warna pelangi.

Dengan menggunakan tiga buah bus, rombongan warga PPIF diberangkatkan pukul 9:30. Wajah mereka terlihat ceria. Anak-anak terlihat bersenda gurau dengan teman-teman mereka, sementara beberapa orang tua sibuk dengan selular phone mereka, atau sekedar bercakap-cakap dengan teman dan pasangan masing-masing, dan  ada pula yang segera mengupdate status di FB. Diliputi cuaca dingin dan mendungnya musim semi, perjalanan dua setengah jam terasa cepat. Sesaat setelah ketiga bus memasuki areal parkiran, warga PPIF berbondong-bondong menuju pintu masuk Huis Ten Bosch. Para fotografer dadakanpun dengan sigap mengarahkan moncong kamera ke berbagai sudut sasaran jepretan. Dengan dikomando oleh koordinator perjalanan, pengambilan foto bersama dilakukan tepat di depan pintu gerbang Huis Ten Bosch, sebelum akhirnya mereka berhamburan memasuki areal wisata, terpencar ke berbagai arah, menuju tempat-tempat yang menarik perhatian mereka.

Hari itu, cuaca yang tidak menentu menggelayuti langit Huis Ten Bosch. Kadang-kadang hujan lebat, diselingi gerimis, dan beberapa saat kemudian terang benderang. Diterpa oleh angin yang bertiup kencang, hawa dingin terasa menyiksa menyentuh kulit. Tetapi antusisame warga PPIF tidak pernah surut. Beruntung banyak pertunjukan yang diselenggrakan indoor, sehingga hujan dan angin tidak terlalu menjadi masalah. Jatah waktu empat jam untuk menikmati seluruh keunikan dan keindahan Huis Ten Bosch terasa begitu cepat. Kemudian, tepat pukul 16:30 ketiga bus akhirnya berangkat kembali ke Fukuoka. Meskipun capek, wajah warga PPIF terlihat ceria menikmati perjalanan puang kembali ke Fukuoka. Dua setengah jam kemudian, sampailah mereka kembali di stasiun Hakata. Alhamdulillah, perjalanan wisata ini dapat dilaksanakan dengan lancar dan selamat. Kegembiraan terpancar dari wajah mereka yang bergegas menuju ke bus dan kereta yang akan membawa mereka ke rumah masing-masing. Terima kasih Kyudenko. Terima kasih pengurus PPIF. (pbs).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s