Hanami & Welcome Party anggota baru PPI Fukuoka periode April 2010


Hanami yang dalam bahasa Jepang berarti menikmati keindahan bunga ini sangat lekat dengan bunga Sakura. Di mana ada Sakura, di situlah ada acara hanami. Begitupun sebaliknya. Ketika musim bunga Sakura mekar, mulai marak pula orang-orang memperbincangkan kegiatan hanami. Dengan hanya sekedar duduk-duduk di bawah rindangnya bunga sakura yang sedang mekar bersama keluarga, kolega atau teman, sambil menikmati makanan dan minuman yang telah dipersiapkan dari rumah, adalah aktivitas yang biasa dilakukan pada acara Hanami. Hanami sudah dikenal di Jepang sejak ratusan tahun lalu, khususnya pada periode Heian antara 794 sampai 1185 dan masih tetap dilestarikan hingga saat ini.

Tidak seperti jenis bunga yang lain, bunga Sakura hanya mekar tidak lebih dari dua minggu. Pohon Sakura yang pada musim panas terlihat lebat dengan daunnya yang hijau, akan terlihat hanya tinggal batang dan ranting karena daunnya rontok pada musim dingin. Dan ketika memasuki musim semi, pohon ini akan dipenuhi bunga berwarna putih bersih, yang menjelang rontok akan berubah warnanya menjadi agak pink. Kombinasi antara musim semi yang sangat nyaman, keindahan bunga sakura, dan pendeknya waktu mekar bunga sakura ini membuat saat-saat mekarnya bunga sakura menjadi sangat istimewa. Saat-saat mekarnya bunga Sakura inilah yang menjadi salah satu daya tarik wisata ke Jepang.

Meski sempat khawatir tidak mendapatkan momen mekarnya sakura, PPIF akhirnya menyelenggarakan acara hanami pada hari Minggu 4 April 2010, mengingat sebagian besar anggota PPIF  yang libur panjang baru kembali ke Fukuoka  pada awal bulan April. Kekhawatiran ini masuk akal mengingat untuk wilayah Fukuoka dan sekitarnya, bunga sakura telah mulai mekar pada awal minggu ke-empat bulan Maret. Ditambah hujan yang sering mengguyur pada minggu keempat Maret, mengakibatkan banyak bunga sakura gugur sebelum waktunya. Rupanya keberuntungan masih berpihak pada warga PPIF. Acara hanami yang diselenggarakan di Taman Ohori ternyata masih semarak diwarnai keindahan bunga Sakura, meski ada beberapa yang sudah gugur dan daunnya juga mulai tumbuh.

Acara hanami kali ini yang sekaligus juga sebagai bentuk acara syukuran bagi tujuh anggota PPIF yang memenagkan undian rumah Danchi baru, diisi dengan berbagai agenda kegiatan, seperti barbequan, perkenalan pengurus baru PPIF periode 2010-2011, dan perkenalan mahasiswa baru.  Selain itu acara hanami juga dimanfaatkan untuk memperkenalkan mitra PPIF dari pihak Jepang, seperti perwakilan dari Yayasan Teman Hati dan Perusahaan Listrik Kyushu (Kyudenko) yang selama ini selalu menjadi partner PPIF dalam berbagai kegiatan. Beberapa rekan perawat dari Perhimpunan Perawat Indonesia yang bekerja di Jepang juga menyempatkan untuk hadir pada acara itu, untuk perkenalan dan ada juga yang berpamitan karena kontrak kerjanya akan segera selesai pada bulan Juni tahun ini.

Acara yang dimulai pada pukul 11:30 itu ditutup  dengan doa  serta “ritual wajib” acara foto bersama, dan dilanjutkan dengan acara santai bagi teman-teman yang masih ingin menikmati nuansa bunga sakura, dengan sekedar ngobrol sambil membereskan perlengkapan barbeque atau melanjutkannya dengan acara bersama keluarga maupun sahabat menikmati keindahan taman dan danau Ohori. (pbs).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s