Galang dana anak asuh Indonesia di Global Village Festival.


PPIF  melalui divisi BSOB nya tahun ini ikut berpartisipasi di acara Global Village Festival yang berlangsung pada tanggal 24 – 25 April 2010.  BSOB ( Badan Semi Otonomi Beasiswa ) merupakan bagian dari PPIF  yang dari namanya bisa diketahui bahwa  divisi ini bertujuan untuk memberikan bantuan kepada siswa kurang mampu di Indonesia dalam pendidikan dasar, dengan mendistribusikan beasiswa bagi mereka.  ( http://www.bsob-ppifukuoka.org )

Festival yang diikuti oleh partisipan dari berbagai negara seperti Pakistan, Filipina, India, Persia dan Indonesia itu dipenuhi  oleh aneka stand penjualan makanan, cindera mata dan berbagai macam atraksi pertunjukkan seni dan budaya dari manca negara.  Tidak seperti tahun – tahun sebelumnya, festival yang biasanya dilangsungkan di taman hiburan Umi no Nakamichi ( sebuah taman bermain di dekat pantai sebelah timur Fukuoka ) itu, kali ini dilangsungkan di Tenjin Chuou-kouen yang lokasinya tepat di pusat kota Fukuoka. Penggantian tempat tersebut pastinya membuat acara ini semakin banyak dihadiri pengunjung karena kemudahan akses transportasi menuju ke arena lokasi.

Cuaca cerah selama dua hari berturut – turut penyelenggaraan Global Village Festival semakin mendukung semangat tim BSOB – PPIF  untuk berpartisipasi dalam bermacam kegiatan di acara  tersebut. Kegiatan utama yakni penjualan makanan dan barang – barang cindera mata hasil kerajinan Indonesia di tenda yang telah diberi nama “Warung-nya Indonesia”.  Penjualan makanan dan barang – barang kerajinan tradisional Indonesia tersebut ternyata mendapatkan respon yang sangat positif dari para pengunjung acara.

Makanan khas Indonesia yang kali ini hadir memeriahkan suasana adalah pisang goreng. Jangan salah, pisang goreng selalu membuat orang Jepang yang mendengar namanya menjadi penasaran. Kenapa? Karena walaupun mereka sudah sangat familiar dengan “tempura”, makanan balutan tepung yang digoreng, jarang sekali yang mengetahui bahwa buah pisang pun bisa diolah dengan cara seperti itu.  Senada dengan makanan, beberapa barang  khas Indonesia seperti kipas dari bahan batik pun, sering membuat pengunjung yang datang dibuat terkagum – kagum dengan keindahan motifnya. Masih banyak aneka cindera mata lainnya yang juga menjadi favorit pengunjung antara lain pensil dengan hiasan kepala blangkon, dompet maupun tas etnik dll.

Kegiatan lainnya yang tidak kalah menarik adalah tampilnya tim angklung PPIF membawakan beberapa lagu dengan menggunakan alat musik angklung, yang sudah tak asing lagi di hati sebagian besar warga PPIF. Penampilan tim angklung mendapat sambutan hangat dari penonton. Sebenarnya, karena frekuensi latihan yang dianggap kurang, tim angklung awalnya sedikit khawatir apakah dapat melantunkan lagu – lagu yang dipilih dengan lancar. Namun,  ternyata penampilan kali ini justru dirasakan sebagai salah satu penampilan yang paling baik yang dapat disuguhkan. Selain bangga karena dapat membawakan lagu dengan alat musik tradisional Indonesia, tepukan penonton yang turut menyertai sepanjang alunan lagu ‘“Ue wo Muite Arukou” sampai selesai,  membuat penampilan tim angklung menjadi sangat menyenangkan. Tepukan meriah dari penonton akhirnya menutup empat buah lagu yang dilantunkan.

Dari keturutsertaan pada acara Global Village banyak sekali pengalaman yang dapat dipetik. Tidak hanya interaksi dengan masyarakat Jepang saja, tapi interaksi positif dengan masyarakat warga negara asing lainnya juga terjalin dengan baik. Pengenalan budaya kuliner serta kesenian khas Indonesia di forum antar bangsa seperti ini, yang menjadi salah satu tujuan PPIF dalam partisipasinya kali ini,  juga dirasakan dapat diwujudkan dengan baik. Catatan tersendiri dari kegiatan ini adalah semua keuntungan yang diperoleh, sepenuhnya akan disalurkan oleh BSOB kepada anak-anak SD dan SMP di Indonesia yang kesulitan memenuhi kebutuhan sekolahnya. (Ltf)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s