Seminar dan Diskusi Perdana PPI Fukuoka & ISTECS Kyushu, 2010


Pada hari minggu tanggal 20 Juni 2010 yang lalu, Divisi Pendidikan PPIF bekerja sama dengan ISTECS Kyushu telah mengadakan acara Seminar dan Diskusi perdana bertempat di Kyushu University International House Hall Kashihama, lantai 2, Fukuoka.

Adapun tema kajian yang diangkat seputar :

  1. Ilmu yang bermanfaat
  2. Membangun kebiasaan berfikir mendalam
  3. Teknik penulisan paper yang baik dan kiat menembus jurnal internasional
  4. Membangun jaringan riset di Jepang dalam rangka research sustainability pasca mudik
  5. Merencanakan bisnis yang sukses di Indonesia
  6. Tips Menghindari plagiarisme

Acara seminar yang dimulai pada jam 13.30 itu dibuka dengan sambutan oleh Ketua PPIF   Hari Hendarto, dan dilanjutkan dengan sambutan Ketua ISTECS Kyushu Dr. Umar Khayam yang merupakan Dosen dari Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB.  Dr. Umar Khayam sekaligus sebagai pembicara pertama dalam seminar ini membawakan materi berjudul “Konsep Ilmu, Etika Penelitian, dan Kiat Menghindari Plagiarisme”.

Pembicara selanjutnya adalah Dr. Ibrahim Djamauddin, Asisten Profesor Global COE Program of Asian Conservation Ecology Kyushu University & Tokyo University. Peneliti senior yang sudah cukup lama menetap bersama keluarganya di Fukuoka ini, membawakan materi berjudul “Dasar-dasar Penelitian, Kiat Penelitian Produktif, dan Pengalaman 10 tahun Penelitian di Jepang”.

Setelah dua pembicara pada sesi pertama, acara dihentikan sejenak untuk memberikan kesempatan bagi para peserta untuk menikmati rehat kopi yang di sertai oleh hidangan khusus bakmi bakso & pangsit  kreasi  ibu-ibu dari Divisi keputrian PPIF.

Sesi kedua  dibuka dengan penyampaian materi “Teknik Penulisan Paper Ilmiah yang Baik, Bebas Plagiat dan Kiat Menembus Jurnal Internasional” yang dibawakan oleh Dr. Rinto Nugraha, Peneliti Postdoctoral JSPS Kyushu University. Pembicara terakhir, Dr. Enos Tangke Arung, Peneliti Postdoctoral JSPS Kyushu University mengakhiri sesi kedua  ini dengan materi nya yang berjudul “Teknik Penulisan Proposal Penelitian dan Strategi Pencarian Grant Penelitian dan Kesempatan Post Doctoral”.

Acara selanjutnya adalah tanya Jawab dan diskusi yang disambut dengan penuh antusias oleh seluruh hadirin terlihat dari begitu banyaknya pertanyaan yang semuanya bisa dijawab dengan singkat, jelas  dan memuaskan oleh keempat pemateri. Mengingat waktu yang terbatas,  akhirnya moderator dengan terpaksa harus menghentikan sesi tanya jawab ini meskipun banyak sebenarnya diantara hadirin yang masih ingin mengajukan pertanyaan.Seluruh rangkaian acara seminar hari ini ditutup dengan penyerahan sertifikat oleh Ketua PPIF diberikan kepada keempat pembicara dan dilanjutkan dengan acara foto bersama.

Acara seminar yang jumlah pesertanya jauh melampaui target awal panitia, ternyata tidak hanya diramaikan oleh peserta yang berasal dari seputar wilayah Fukuoka, melainkan juga hadirin yang datang dari Kitakyushu, Saga bahkan Oita, Begitu banyak pengetahuan, kiat maupun tip-tip bermanfaat yang diperoleh para peserta hari ini, tampak dari kesan dan pesan sebagian besar hadirin yang menyatakan sangat puas dengan pelaksanaan kegiatan seminar ini dan berharap kedepan acara semacam ini dapat menjadi agenda rutin setiap tahunnya. (Tt)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s