Workshop Fotografi, kerjasama PPI Fukuoka & “Putera Wakamatsu” Kitakyushu


Hari minggu, 18 Juli 2010 lalu, Divisi Pendidikan PPIF bekerjasama dengan “Putera Wakamatsu” Kitakyushu telah mengadakan Workshop Fotografi bertempat di gedung Gokai Gakushu Shimin Senta, Wakamatsu- Kitakyushu  dengan materi utama nya yaitu Tekhnik dasar serta penguasaan alat Fotografi.

Sebagai pembicara utama  Workshop kali  ini adalah  Dr. Donny Koerniawan, S.T., M.T yang merupakan dosen Teknik Arsitektur dari Institut Teknologi Bandung sekaligus juga pengajar mata pelajaran Fotografi yang sedang berkunjung ke Kyushu, Jepang. Berbagai macam teori, praktek serta tekhnik fotografi menarik yang dibeberkan secara  jelas dan gamblang oleh pemateri, disertai dengan contoh foto hasil karya para fotografer ternama plus ulasannya yang jelas membuat para peserta tampak begitu antusias dan serius menyimak semua materi yang diajarkan.

Selesai pemamaparan keseluruhan materi oleh bpk. Donny, acara kemudian dihentikan sejenak untuk memberikan kesempatan kepada peserta untuk sholat dan santap siang bersama. Acara kemudian dilanjutkan dengan program berikutnya yaitu hunting bersama ke obyek – obyek menarik di seputaran Wakamatsu. Seluruh peserta awalnya dibagi menjadi 7 kelompok, dengan anggota 6 – 7 orang per kelompoknya. Tiap kelompok dengan dipimpin langsung oleh koordinator masing – masing kemudian mulai menyebar ke berbagai arah yang sudah ditentukan sebelumnya olah panitia, diantaranya termasuk mengunjungi pantai, pelabuhan, hingga berlayar menggunakan kapal Fery.

Begitu banyak pemandangan menarik yang dengan segera  dijadikan obyek sasaran bidikan kamera para peserta yang begitu bersemangat ingin mempraktekkan langsung semua teori yang baru saja di ajarkan sebelumnya di ruang kelas. Tak terasa, kurang lebih 2 jam waktu hunting foto bersama  yang disediakan panitia habis dan para peserta segera berkumpul kembali untuk mempresentasikan hasil foto kelompoknya masing – masing. Dengan dipandu oleh pemateri, satu persatu hasil foto tiap kelompok di analisis baik kelebihan maupun kekurangannya, tidak ketinggalan pula beberapa  koreksi serta tip  untuk mendapatkan hasil foto yang lebih baik. Setelah semua foto kelompok dipelajari dan dibahas, acara diteruskan dengan diskusi umum serta tanya jawab yang langsung disambut dengan antusias oleh peserta terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan.

Meskipun masih banyak lagi pertanyaan yang ingin diajukan oleh peserta, namun akhirnya mengingat waktu panitia acara akhirnya menutup sesi tanya jawab dengan doa bersama setelah sebelumnya  sempat diselingi dengan acara pemberian  sertifikat dari PPIF untuk pemateri dan seluruh peserta  serta kenang – kenangan  dan cindera mata dari Putera Wakamatsu. Seluruh peserta kemudian satu persatu berbaris meninggalkan ruangan dengan tertib sambil di pintu keluar mengucapakan salam dan terima kasih kepada panitia yang telah bekerja keras dari awal hingga selesainya seluruh rangkaian acara hari itu dengan baik.

Fukuoka dan Kitakyushu, meskipun secara geografis kedua kota tersebut letaknya berdampingan dan para pelajarnya tergabung dalam satu wadah perhimpunan yaitu PPI Fukuoka,  namun realita nya diantara kedua kota tsb dengan kendaraan via Tol maupun menggunakan kereta api sekalipun paling tidak diperlukan waktu kurang lebih 1 jam. Namun jarak dan waktu tempuh sama sekali tidak dirasakan sebagai penghalang hubungan silaturahmi,  pertemanan serta kekeluargaan diantara seluruh warga Indonesia  baik  itu pelajar, pekerja maupun pendatang asal Indonesia di kedua kota tsb.

Demikian pula halnya dengan kegiatan Workshop kali ini, dimana sepanjang keseluruhan rangkaian acara dari mulai awal hingga selesai sepenuhnya diwarnai oleh nuansa persahabatan dan kekeluargaan yang kental  serta canda dan tawa ceria diantara para pesertanya. Selain dari Fukuoka dan Kitakyushu, beberapa peserta ternyata juga datang dari beberapa kota lain seperti Saga & Yamaguchi, sehingga keramaian kegiatan Workshop ini semakin bertambah dengan kebahagiaan dan keceriaan diantara sahabat maupun keluarga yang sudah sejak lama tidak bertemu dan bertukar sapa.

Kegiatan-kegiatan semacam ini memang selain bertujuan menimba ilmu yang bermanfaat tetapi yang tidak kalah pentingnya adalah mempererat dan menjaga hubungan silaturahmi sesama warga indonesia khususnya di seluruh wilayah pulau Kyushu, Jepang. Mudah-mudahan persahabatan dan kekerabatan ini bisa terjalin dan terjaga selamanya. (TW)

@ Beberapa karya foto teman – teman hasil hunting di Kitakyushu :

One thought on “Workshop Fotografi, kerjasama PPI Fukuoka & “Putera Wakamatsu” Kitakyushu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s