Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 65 di Fukuoka


Pada tahun 2010 ini, rangkaian acara perayaan hari kemerdekaan Indonesia yang ke 65 di laksanakan lebih awal di berbagai tempat di tanah air maupun diluar Indonesia berhubung tanggal 17 Agustus 2010 sudah masuk ke dalam minggu pertama bulan puasa Ramadhan.  Demikian halnya dengan  acara peringatan HUT RI yang diselenggarakan oleh Persatuan Pelajar Indonesia di Fukuoka, yang bahkan sudah dimulai sejak akhir bulan Juli 2010, namun sama sekali tidak mengurangi semangat merayakan dan memeriahkan hari yang sangat bersejarah bagi seluruh bangsa Indonesia itu.

Rangkaian kegiatan dimulai pada hari Sabtu, 24 Juli 2010, berupa lomba dan permainan khusus untuk anak-anak diadakan di area taman Shirohama, yang merupakan kegiatan bersama PPIF dengan TPA Fukuoka. Pakaian yang dikenakan para orang tua dan anak-anaknya yang sebagian besar didominasi warna merah maupun putih sesuai anjuran sebelumnya dari tim panitia, ditambah hiasan dan dekorasi berupa balon maupun bendera kecil-kecil berwarna merah dan putih diseputar area taman membuat nuansa Indonesia begitu kental terasa. Lumayan langka memang menyaksikan begitu banyak dominasi warna merah putih menyatu dalam tampilan bersama warga Indonesia di Fukuoka Jepang ini.

Sebagaimana lazimnya di Indonesia, berbagai macam lomba & permainan  untuk anak-anak dipertandingkan pada hari itu mulai dari lomba membawa kelereng dengan sendok, lomba mengisi botol aqua dengan air menggunakan spons, lomba berpasangan membawa balon, lomba menyumpit kelereng hingga lomba makan kerupuk. Khusus untuk lomba makan kerupuk berhubung sulit untuk memperoleh kerupuk seperti di Indonesia, maka untuk lomba kali ini diganti dengan  roti. Hari itu lokasi taman Shirohama benar-benar ramai dengan teriakan, tawa bahkan tangis anak-anak Indonesia yang mengikuti seluruh acara kegiatan lomba yang dipertandingkan hari itu. Acara lomba dan permainan anak-anak yang dimulai tepat jam 10 pagi itu berlangsung selama kurang lebih 2 jam hingga seluruh pertandingan selesai dilombakan dan dilanjutkan dengan istirahat sejenak untuk santap siang bersama.

Acara kemudian diteruskan dengan lomba utama yaitu lomba dan parade sepeda hias. Berbagai ragam pola dan corak hiasan sepeda yang menarik dan didominasi oleh paduan warna merah dan putih dari masing-masing sepeda serentak dikayuh bersama mengelilingi area seputar taman Shirohama. Setelah istirahat sejenak dengan acara menyantap suguhan es krim yang terasa sungguh lezat di udara yang cukup panas siang itu, acara kemudian ditutup dengan sesi foto bersama.

Keesokan harinya, Minggu, 25 Juli 2010 bertempat di Maidashi Kyushu University Hospital Gymnasium, rangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke 65 di Fukuoka ini dilanjutkan dengan kegiatan pertandingan olah raga khusus dewasa berupa pertandingan bulutangkis dan tenis lapangan. Tidak kurang dari 15 pasang ganda putra ditambah 4 pasang ganda putri ikut berpartisipasi dalam pertandingan bulutangkis, sementara 7 pasang ganda putra turun berlaga dalam pertandingan tenis lapangan. Banyaknya jumlah peserta yang ambil bagian di kedua jenis olahraga tersebut, sementara waktu yang tersedia cukup terbatas, membuat panitia akhirnya membatalkan rencana pertandingan tenis meja.

Acara petandingan olahraga ini diselingi dengan permainan bola Futsal yang tidak hanya melibatkan orang dewasa melainkan juiga anak-anak dan remaja. Acara yang berlangsung semarak dan meriah oleh canda tawa dan dukungan suporter masing-masing pasangan baru berakhir menjelang pukul 6 sore, dan seperti biasa ditutup dengan acara sesi foto bersama.

Satu pekan berikutnya, pada hari Minggu, 1 Agustus 2010 merupakan penutup dan puncak acara peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke 65 yang diadakan di Kashiihama Kaikan Hall. Acara yang dipandu oleh MC Kusuma Rully, dibuka dengan sambutan serta laporan ketua panitia HUT RI ke 65 di Fukuoka, Rita Irmawaty. Acara kemudian dilanjutkan dengan rangkaian mengenang detik-detik proklamasi, dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama oleh seluruh hadirin, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan pembacaan teks proklamasi oleh Rifky, pelajar kelas 5 SD Shirohama. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembagian berbagai macam hadiah maupun cindera mata tidak hanya untuk para pemenang lomba anak-anak yang telah dilangsungkan minggu sebelumnya, melainkan juga untuk semua anak-anak yang berkesempatan hadir di acara hari itu. Sebagai selingan tampil  Oku Aiko san  orang Jepang yang mampu menyanyikan lagu Bengawan Solo dengan begitu fasih dan indah.

Acara kemudian dilanjutkan dengan acara utama yaitu lomba menghias nasi goreng oleh bapak-bapak yang kali ini diikuti oleh lima regu mewakili 5 wilayah pemukiman utama warga Indonesia di Fukuoka, yaitu regu Shirohama, Kashiihama, Najima, Imajuku dan Susenjin. Para bapak-bapak, ternyata tidak kalah terampilnya dengan ibu-ibu, masing-masing  berusaha menampilkan corak ragam hiasan nasi goreng  semenarik mungkin. Regu Shirohama misalnya menampilkan tema Bahari sebagai penggambaran negara Indonesia yang merupakan negara yang dikelilingi oleh lautan dengan hiasan utama berupa kapal laut yang terbuat dari buah nanas. Regu Kashiihama dengan tema Tropik nya, menampilkan masakan nasi goreng di dalam wadah berupa buah nanas dikelilingi oleh berbagai macam buah dan sayur-sayuran tropis. Regu Najima tidak kalah menariknya menampilkan kreasi hiasan berupa nama-nama peserta terbuat dari bahan dasar dipadu dengan berbagai macam hiasan yang indah dan menarik. Regu Imajuku yang menampilkan tema Kebersamaan kali ini menyuguhkan nasi goreng yang dihias begitu rupa menyerupai arena perkemahan api unggun lengkap dengan citra kayu bakar dan kontur bukit nya. Terakhir regu Susenjin menampilkan nasi goreng dengan tampilan 2 warna sebagai penggambaran warna bendera nasional Indonesia. Merah dan Putih.

Penampilan ragam hiasan yang menarik dengan ciri khas masing-masing dari semua regu membuat tim juri yang terdiri dari Yamashita san, ibu Emi dan ibu Haniek cukup kesulitan awalnya dalam menentukan pemenangnya, namun akhirnya setelah berunding cukup lama diputuskan pemenang lomba menghias Nasi goreng kali ini jatuh ke tim Najima karena dinilai selain memang indah tampilannya juga mampu mewakili citra khas budaya Indonesia. Khusus untuk kejuaraan lomba hias nasi goreng ini hadiah untuk para pemenang berupa voucher sumbangan dari sponsor utama toko Azhar, yang merupakan toko Indonesia yang khusus menyediakan aneka bahan makanan halal di Fukuoka dan penyerahannya dilakukan langsung oleh ketua PPI Fukuoka, Hari hendarto.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyajian macam-macam kreasi es buah hasil karya bersama ibu-ibu dari kelompok Najima, Kashiihama, Shirohama dan Ito. Meskipun untuk sajian es buah ini tidak dilombakan, tapi masing-masing kelompok tetap menyajikan kreasi es buahnya dengan cita rasa yang begitu menggugah selera. Hidangan es buah ala Indonesia yang lezat diikuti dengan santap siang  bersama hidangan dengan menu masakan khas tradisional Indonesia seperti ayam goreng, sambal goreng teri kacang, sayur asem dan lainnya diharapkan mampu memuaskan kerinduan seluruh warga Indonesia di Fukuoka akan santapan asli hidangan asal tanah air Indonesia tercinta. Acara hari itu diakhiri dengan pembagian hadiah dan sertifikat untuk para pemenang pertandingan bulutangkis dan tenis lapangan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

.

Dahulu, para pahlawan kita berjuang untuk memperoleh kemerdekaan dengan semangat membara dan pantang mundur. Hal ini semestinya bisa menjadi teladan bagi kita semua serta menjadikan momen tahunan bersejarah ini sebagai pendorong semangat seluruh warga Indonesia di Jepang khususnya di wilayah Fukuoka ini agar dapat terus membina ikatan kebersamaan, dan jalinan persaudaraan diantara sesama anak bangsa. (Rt)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s