Last Lecture alumni PPI Fukuoka 2010 & Halal Bihalal Warga Indonesia di Fukuoka


Hari Minggu, 12 September 2010, hanya berselang 2 hari setelah hari raya idul Fitri, Persatuan Pelajar Indonesia di Fukuoka bekerjasama dengan ISTECH Kyushu dan Muslim/Muslimah Fukuoka mengadakan acara Halal Bihalal bagi warga Indonesia di wilayah Fukuoka dan sekitarnya. Acara yang diadakan di Kyushu University International House, Kashihama Hall (Kaikan) lantai 2 ini, selain bertujuan untuk mempererat hubungan tali silaturrahim di antara warga PPI Fukuoka setelah selama satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa, sekaligus juga sebagai acara pelepasan  bagi lulusan master, doctor maupun post doct  di Fukuoka untuk periode September 2010 ini.

Ada sedikit nuansa berbeda dalam acara pelepasan alumni PPIF sebelum kepulangan mereka  ke tanah air kali ini,  yaitu acara dikemas dalam bentuk  “Last Lecture” atau Kuliah Terakhir (di Fukuoka) dimana  para alumni masing – masing dalam waktu singkat dipersilahkan untuk mempresentasikan intisari penelitian mereka termasuk juga pengalaman, kiat – kiat studi maupun hal – hal lain yang diangap bermanfaat untuk menambah wawasan dan khasanah pengetahuan bagi teman – teman PPI Fukuoka lainnya yang saat ini masih dalam proses menyelesaikan  studinya. 

Acara ini ternyata disambut antusias terbukti dari peserta yang hadir tidak hanya dari wilayah seputar Fukuoka,  melainkan juga teman – teman dari  luar kota seperti Kitakyushu, Kumamoto, Oita bahkan Osaka. Beberapa rekan warga Jepang pun terlihat hadir meramaikan suasana Halal Bihalal kali ini karena sekaligus ingin turut melepas kepergian sahabat – sahabat mereka para alumni yang akan segera kembali ke Indonesia.

Sekitar jam 15.00 koordininator acara yang sekaligus juga bertindak sebagai Master of Ceremoni acara, Arief Cahyanto,  mempersilahkan Ketua PPI Fukuoka Hari Hendarto untuk memberikan sambutan sekaligus secara resmi membuka acara Last Lecture yang dilanjutkan dengan sambutan Ketua ISTECH Kyushu Umar Khayam yang bertindak sebagai moderator untuk sesi pertama.

Behubung banyaknya lulusan tahun ini, acara Last Lecture ini memang  dibagi dalam 2 sesi dimana tampil sebagai pembicara di sesi pertama secara berurutan sebagai berikut :  Dr. Rinto Anugraha, Dr. Enos Tangke Arung, Dr. Elin Zamzami dan  Puspa Kriselina sebagai pembicara terakhir.

Secara umum, adapun materi yang disampaikan para peserta  umumnya beupa  pengalaman dan kiat – kiat studi dan penelitian di Jepang,  kesimpulan dan pencapaian penelitian, aplikasi hasil penelitian, rencana pasca studi dan upaya menjaga keseinambungan penelitian dan income di Indonesia

Selesai sesi pertama, acara diselingi sejenak dengan coffe break kurang lebih 15 menit, dengan berbagai makanan ringan yang mengundang selera diantaranya dodol garut, kripik kentang cosco, bolu aneka rasa dan tentunya aneka macam minuman. 

Acara kemudian  dilanjutkan kembali dengan Last Lecturer sesi kedua yang dipimpin langsung oleh ketua PPIF  sendiri sebagai moderator, dengan urutan pembicara sbb :  Dr. Purnama Budi Santosa, Dr. Yayan Sofyan, Dr. Ahmad Taufik Yuliansyah, Dr. Hanies Ambarsari, Dr. Hendra, Dr. Adi Setyo Purnomo dan Zulkarnaen Hadju, M.Sc.

Pada sesi kedua ini sebagaimana di sesi pertama, para pembicara memaparkan hasil disertasi dan tesisnya secara singkat serta tak lupa memberitahukan beberapa tips penting untuk kesuksesan selama studi di Jepang.

Keseluruhan acara Last Lecture dari para alumni ini berlangsung hingga sekitar pukul setengah tujuh malam dan dilanjutkan dengan acara penyerahan sertifikat pembicara oleh Ketua ISTECH Kyushu serta pemberian kenang-kenangan oleh Ketua PPI Fukuoka.

Pemberian kenang – kenangan juga dilakukan oleh ketua  Muslim Fukuoka Budi Aryanto bersama ketua Muslimah Fukuoka Yunia Rahmatia  untuk para anggotanya yang juga akan kembali  pulang ke tanah air mengikuti suami maupun istri yang telah menyelesaikan masa studinya di sini.

Selesai sholat maghrib bersama, acara puncak yang dinantikan para peserta yaitu makan malam bersama berupa hidangan spesial karya ibu – ibu Fukuoka di bawah koordinator ibu Ira Artlia, dengan menu “khas Indonesia” seperti opor ayam, tongseng kambing, lontong, nasi, acar, krupuk udang, sambel dan lain – lain benar – benar membuat para hadirin terpuaskan . Tak ada kata yang tepat selain “Mak Nyussssssssss”, dan masakan pun langsung diserbu tanpa basi basi dan penuh antusias terlihat dari wajah ceria dari para peserta.

Selesai makan malam, seluruh rangkaian acara hari itu diakhiri dengan Halal Bihalal, salam – salaman, saling maaf memaafkan diantara semua peserta yang hadir dilanjutkan seperti biasa dengan acara foto bersama. Minal aidin wal faidin….. Selamat jalan para sahabat alumni… selamat mengabdi untuk tanah air tercinta Indonesia (Arf)

One thought on “Last Lecture alumni PPI Fukuoka 2010 & Halal Bihalal Warga Indonesia di Fukuoka

  1. Perkenalkan nama saya Terang Sudjadi, asal Surabaya. Kebetulan pada bulan Oktober nanti, saya diundang salah satu sekolah bahasa di Fukuoka yaitu Nishinihon Kokusai Kyouiku Gakuin, yang terletak di Minami-ku, Fukuoka, untuk datang ke sana. Kebetulan bersamaan dengan itu, saya juga mengantarkan 4 orang siswa dari surabaya yng bersekolah di sana. Jadi, Saya ingin berkenalan dengan para muslim Indonesia yang ada di Fukuoka. Yoroshiku onegaishimasu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s