Peringatan HUT RI ke 65 dan ramah tamah PPI Fukuoka bersama Duta Besar RI dan Konsul Kehormatan RI di Fukuoka


Bertempat di Ball room Hotel New Otani Fukuoka, pada hari Selasa 21 September 2010 yang lalu  dilangsungkan acara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia oleh Konsul Kehormatan Indonesia di Fukuoka bersama lebih dari 100 orang anggota PPIF beserta keluarga dan tamu – tamu kehormatan lainnya. Dalam kesempatan kali ini, Duta Besar Republik Indonesia yang baru, bapak Muhammad Lutfi meskipun belum genap 2 minggu mulai bertugas di KBRI – Tokyo,  ternyata  berkenan untuk menyempatkan diri hadir di acara tersebut dengan didampingi para wakil dan staf dari KBRI – Tokyo.

Acara yang dipandu oleh MC Yaya Ramli  tersebut dimulai tepat pukul 18.00 malam berupa sambutan Ketua Kyushu-Indonesia Association, HASHIDA Koichi. Selanjutnya DUBES RI bapak M. Lutfi mendapat kehormatan untuk memberikan kata sambutan sekaligus perkenalan kepada semua hadirin. Selanjutnya berturut – turut sambutan diberikan oleh Ketua Kehormatan Liga Parlemen Jepang Indonesia, YAMASAKI Taku, Wakil Gubernur Fukuoka, EBII Etsuko, Wakil Walikota Fukuoka, TAKADA Hiroyuki dan terakhir sambutan oleh Konsul Kehormatan RI untuk Fukuoka, KAWABE Hiroyuki

Selesai rangkaian pidato dari para tamu dan undangan kehormatan yang hadir malam itu, acara dilanjukan dengan acara santap malam sekaligus ramah tamah diantara para hadirin sambil diiringi dengan hiburan tarian tradisional suguhan dari PPI fukuoka. Tari pertama yaitu tari Padupa asal Sulawesi selatan dibawakan oleh Faradiba Maricar, pelajar sekolah menengah atas di Fukuoka asal Indonesia yang membawakan tarian  tersebut dengan begitu indahnya hingga tidak sedikit diantara hadirin yang berdecak kagum.

Tidak kalah indahnya dengan tarian sebelumnya, tarian berikutnya adalah  tari Yapong kreasi  seniman Yogyakarta Bagong Kusudiarjo, yang dibawakan oleh ibu Eka Prasetianingtias Imam dengan begitu luwesnya, membuat para hadirin terutama warga Jepang terpaku dan terpesona menyaksikannya.

Usai penampilan tari tradisional Indonesia, acara dilanjutkan dengan pelepasan Wisudawan PPI Fukuoka periode September 2010. Didahului dengan kata pengantar oleh perwakilan Kyushu University, Bapak ITOI Ryuichi. berikutnya perwakilan para wisudawan  Dr. Purnama,memberikan sambutan singkat  berupa kesan dan pesan selama menjalani pendidikan di Fukoka ini serta tak lupa ucapan terima kasih kepada pihak – pihak yang dianggap berjasa membantu kelulusan semua wisudawan.

Sambil menikmati hiburan tari dan santap malam, acara ramah tamah dimanfaatkan sepenuhnya olah para pelajar Indonesia untuk bisa bertatap muka langsung sekaligus bersilaturahmi dengan bapak Dubes beserta seluruh rombongan yang menyertainya. Dengan ramah dan  tanpa kenal lelah, bapak Dubes melayani semua salam, teguran sapaan maupun pertanyaan yang diajukan termasuk permintaan foto bersama. Memang tidak setiap saat warga Indonesia khususnya yang bermukim di wilayah paling selatan negara Jepang  ini berkesempatan untuk bisa bertatap muka langsung dengan bapak Dubes yang berdinas jauh di Utara, yakni di KBRI-Tokyo. Tidak terasa, hingga menjelang pukul delapan malam, acara pun diakhiri dengan pidato singkat dari koordinator acara, HIGUCHI Katsuhiko yang juga sekaligus merupakan pengurus  dari Kyushu-Indonesia Association.

Dan seperti biasa dalam setiap acara bersama PPI Fukuoka,seluruh rangkaian kegiatan acara malam itu ditutup dengan foto bersama seluruh keluarga  besar persatuan pelajar Indonesia dengan Duta Besar RI. 

Yokoso Japan… Welcome to Japan….. Selamat bertugas bapak Dubes, selamat berkarya..! (Yh)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s