Penampilan group musik PPI Fukuoka – “Batik Band” di acara FOSA Culture Show 2010


Pada hari Minggu, 17  Oktober 2010 yang lalu, bertempat di gedung Fukuoka City Chuo Ward Civic Centre telah diselenggarakan festival seni dan budaya oleh Fukuoka Overseas Students Association (FOSA). Dalam acara yang didukung sepenuhnya oleh Fukuoka International Students Support Centre (FISSC) ini,  tidak kurang dari 9 perwakilan negara yakni Indonesia, China, Mongol, Bangladesh, Vietnam, Myanmar, Thailand, Nigeria dan Jepang ikut andil berpartisipasi.  Setiap perwakilan negara berusaha menampilkan performance terbaiknya sesuai dengan tradisi corak dan seni negaranya masing – masing, dan beberapa  patut untuk diacungi jempol seperti suguhan tari Topi asal Vietnam yang tampil begitu kompak dan padu, serta  tak kalah menariknya adalah pertunjukkan  Kecapi serta Sitar tradional oleh pemusik asal China dan Mongolia.

Indonesia sendiri melalui PPI Fukuoka kali ini mengirimkan kelompok musik andalannya “Batik Band” untuk unjuk kebolehan di ajang pentas seni dan budaya bergengsi antar pelajar – pelajar dari berbagai belahan negara  di wilayah Fukuoka ini. Selain menampilkan hiburan musik Keroncong khas Indonesia, anggota Batik Band juga tampil mengenakan ragam pakaian khas adat Indonesia dengan menonjolkan nuansa kain Batik sesuai nama kelompok musik tersebut.

Meskipun kali ini tampil tampil tanpa didukung 2 gitaris utamanya, Purnama & Ansar yang bulan lalu telah menyelesaikan studi Doktornya di Fukuoka dan telah kembali pulang ke Indonesia, Batik Band tetap berusaha tampil penuh semangat dihadapan para penonton yang memenuhi gedung pertunjukkan. Tampil kali ini dengan formasi Adi SP  pada Bass, Hari  Hendarto pada keyboard serta duet vokalis handal Himawan Bayu dan Sri Fatmawati, Batik Band menyuguhkan lagu  “Bengawan Solo” dengan format alunan musik keroncong yang khas sebagai pembuka yang langsung disambut dengan meriah oleh para penonton yang rupanya sudah cukup mengenal lagu ini. Yang cukup membuat bangga adalah saat membawakan lagu kedua “Aryati”, dengan aransemen musik yang sengaja digubah dengan aransemen ceria, seluruh penonton tanpa terduga turut mengiringi dengan tepuk tangan berirama dan tidak terputus sejak awal hingga akhir lagu… Luar biasa….!!

Dalam festival kali ini tidak hanya menampilkan grup Batik Band, 2 orang wakil Indonesia yang lain karena kecakapannya dalam berbahasa Jepang mendapat kehormatan diminta sebagai pembawa  acara. Kamila Dienia tampil sebagai MC menggunakan bahasa Jepang bersama dengan Yangirov Vladimir asal Rusia sebagai MC bahasa Inggris. Kedua nya mampu tampil begitu kompak dan padu dalam menghantarkan serta menjelaskan setiap perfomer yang tampil dengan sesekali diselingi canda humor mampu membuat hadirin terhibur. Sementara, Lutfiana SA bersama rekannya asal Mongolia tampil membawakan acara selingan hiburan berupa quiz untuk para penonton dengan aneka macam hadiah yang menarik dari para sponsor. Setiap pertanyaan yang diajukan memang sedapat mungkin bertujuan untuk lebih mengenalkan masing – masing negara perwakilan. Sebagai contoh pertanyaan mengenai negara Indonesia adalah samudra apa saja yang membatasi negara Indonesia ternyata dapat dijawab dengan tepat oleh hadirin.

Kebanggan Indonesia akhirnya menjadi lengkap hari itu dengan diberikannya “Certificate of Appreciation’ dari Wataru Aso, Gubernur Fukuoka kepada Rahmawati Hidayah alias Yaya Ramli sebagai penghargaan atas peran serta dan sumbangsihnya sebagai ketua FOSA periode 2009 yang lalu.

Persatuan Pelajar Indonesia Fukuoka selain  mengutamakan para anggotaya untuk belajar dan menuntut ilmu di negara Sakura ini, namun tetap berkomitmen untuk bisa tampil yang terbaik sebagai duta dan wakil Indonesia di berbagai acara dan kegiatan lain termasuk  diantaranya kegiatan olahraga, seni maupun budaya. Meskipun mungkin hanya setitik namun sumbangsih para pelajar itu tetap patut dihargai, karena jika negara lain saja sanggup menghargai ragam corak budaya kita maka sudah selayaknyalah siapapun harus lebih dapat menghargai budaya miliknya sendiri.. Semoga. (yr)

\

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s