Acara BBQ dan Welcome Party anggota baru PPI Fukuoka periode Oktober 2010


Sabtu, 23 Oktober 2010, dibawah langit biru yang cerah di arena taman Odo saat jam menunjukkan tepat pukul 10.00 pagi, Keluarga Besar Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Fukuoka, seperti tradisi rutin di awal-awal semester sebelumnya, mulai menyulut api  pembakaran masal daging segar (alias barbecue) sebagai tanda dimulainya upacara penyambutan bagi para anggota-anggota barunya dan sekaligus ajang silaturahmi diantara warga PPI Fukuoka guna mempererat persaudaraan, senasib – sepenanggungan.  

Tempat yang dipilih kali ini, Odo-Park, ternyata merupakan  pilihan yang tepat. Lokasinya yang terletak persis di tepi laut gugusan Hakata Bay, di sisi dalam teluk terlindung oleh pulau Nokonoshima Island serta dibentengi oleh hamparan pemecah gelombang di sisi teluk membuat riak ombak yang sampai ke pantai terasa jinak bersahabat.

Sejauh mata melepaskan pandangan tampak bukit Ito di kejauhan dan gugusan Yacht yang terparkir rapi. Bukan hanya itu, taman pantai yang dibuka pertama kali tahun 1942 ini juga menjadi salah satu saksi sejarah invasi pasukan mongolia di tahun 1274 dan 1981 saat Jepang diperintah oleh Hojo Tokimune, seorang Shikken pada era Kamakura.

Pagi itu, Forecast di Fukuoka Airport menunjukkan suhu yang bersahabat, 23 celcius, dengan angin 1.6 m/s kearah Timur Laut. Meskipun sebelumnya sempat tampak dikejauhan  gugusan awan mendung Cumulus menutupi sepanjang lepas pantai Fukuoka namun perlahan gugusan awan tersebut berangsur- angsur hilang dan pada akhirnya langit kembali cerah dengan sinar matahari yang hangat dan bersahabat .

Api yang disulut  pada tumpukan arang di atas panggangan akhirnya berangsur berubah membentuk bara merah menyala. Tak berselang lama, sebanyak 6 buah panggangan Barberque yang disiapkan untuk acara hari itu pun siap digunakan untuk memanggang potongan – potongan daging ayam, sapi, kambing serta sosis dilengkapi dengan berbagai macam jenis sayuran  yang sudah disiapkan dan dibumbui malam sebelumnya. Dengan sigap dan cermat, tangan – tangan mulai bergerak mengipas, memanggang, membolak balik dan akhirnya mulai melahap potong demi potong daging yg telah masak.

Sekitar pukul 11.30 ,  acara  bakar membakar babak pertama sementara dihentikan untuk selanjutnya diisi dengan acara perkenalan para pelajar baru warga PPIF yang akan memulai studinya di periode bulan Oktober 2010 ini. Tercatat sebanyak 24 orang warga baru PPIF yang datang  di acara BBQ ini dan jumlah sebanyak itu pun ternyata belum mencakup semua anggota baru PPIF untuk periode kali ini karena masih ada beberapa  yang berhalangan hadir.

Acara perkenalan dan ramah tamah yang dipandu langsung oleh Ketua PPIF, Pak Hari Hendarto diselingi sejenak dengan pemaparan khusus mengenai perhelatan besar PPIF yang akan diadakan pada  bulan Nopember mendatang  yakni  Indonesian Culture Day (ICD), oleh koordinator nya, Pak Irwan, serta Lomba Pidato Bahasa Indonesia bagi warga Jepang se – Kyushu Okinawa, oleh koordinator nya, Mas Prapto.  Tidak ketinggalan Bendahara PPIF,  Pak Akmaludin serta Koordinator BSOB-PPIF, Mbak Lutfiana memaparkan mengenai  pengelolaan kas keuangan PPIF serta beasiswa tahunan sumbangan PPIF untuk pelajar kurang mampu di Indonesia.

Sesi acara perkenalan dan ramah tamah ini diakhiri dengan pembacaan doa bersama dipimpin oleh Ketua Muslim Fukuoka, Pak Budi Aryanto.  Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi wajib yang tidak pernah terlewatkan, yaitu foto bersama Keluarga Besar PPI Fukuoka dengan latar belakang pantai Odo.  Selesai acara foto bersama, acara BBQ – an babak ke dua pun dilanjutkan, kembali potongan – potongan daging, sosis serta berbagai macam irisan sayuran di panggang di atas perapian untuk selanjutnya di santap beramai – ramai.

Saat waktu menunjukkan Pukul 12.30, hadirin yang muslim melakukan sholat Dhuhur berjama’ah sebelum kemudian dilanjutkan dengan acara bebas. Sebagian besar memanfaatkannya dengan jalan – jalan menikmati keindahan taman Odo bersama teman ataupun keluarga. Bagi anak – anak berkesempatan pula untuk bermain pasir di pantai maupun berenang di laut.  Tidak ketinggalan acara  hunting foto oleh warga PPIF penggemar fotografi sementara sebagian sisanya tetap melanjutkan acara bakar membakar dan menyantap hidangan barberque.

Pukul 14.00 siang tepat,  irisan daging terakhir pun akhirnya habis terpanggang, dan selesai sudah acara BBQ – an dan Welcome Party hari itu yang dilanjutkan dengan acara bersih – bersih dan merapihkan kembali segala macam peralatan serta perlengkapan acara. Koordinator acara,  Arif  Widiatmojo mewakili seluruh panitia mengucapkan terima kasih atas antusiasme hadirin warga PPIF maupun para tamu dan undangan lainnya dalam acara  barbecue kali ini. Terima kasih khususnya disampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dan meluangkan baik  tenaga maupun waktunya mulai rangkaian persiapan demi persiapan, termasuk menyiapkan hidangan pendamping berupa kue – kue, minuman, maupun peraengkapan barberque dll oleh keluarga – keluarga warga Kashiihama, Shirohama, serta Najima dan sekitarnya yang dikoordinir oleh divisi Keputrian PPIF (Bu Ira Artilia dkk) dan Divisi Kesra (Pak Ginting, Pak Ilham dkk). Sementara itu, untuk urusan iris mengiris, motong memotong dan membumbui daging ucapan terima kasih disampaikan kepada keluarga – keluarga warga  Imajuku, yang dikoordinir oleh Pak Farouk Maricar, keluarga warga Iki-danchi dan sekitarnya oleh Mas Prapto, serta tak ketinggaln laskar – laskar Susenji yang dikomandani oleh Komandan Susenji, Pak Syahminan dan teman-teman PPIF di lingkungan Dormitory Ito. Arigatou Gozaimashita… !

 Selamat berjuang dalam menuntut ilmu, khususnya teman – teman warga baru PPIF semuanya…

PPI-Fukuoka, kita bersaudara….!! (AW)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s