Screen Shot 2013-04-06 at 4.07.17 PM

BSOB dan ICD 2010, bentuk kepedulian Pelajar Indonesia di Fukuoka


Pada suatu hari pada tahun 2002 (8 tahun lalu), sesepuh PPIF (Persatuan Pelajar Indonesia Fukuoka) mempunyai sebuah inisiatif cemerlang. Kita di sini begitu beruntung mendapatkan beasiswa sehingga bisa kuliah dan menikmati fasilitas bagus. Namun, di sisi lain, banyak adek-adek yang masih kesulitan untuk membayar biaya sekolahnya. Oleh karena itu, apakah kita tidak bisa melakukan sesuatu untuk sedikit meringankan beban adek2 yang tidak lain tidak bukan adalah saudara sebangsa kita itu?? Dengan motivasi itulah, dibentuklah semacam badan kecil yang merupakan bagian dari PPIF yang bernama BSOB (Badan Semi-Otonomi Beasiswa).  http://www.bsob-ppifukuoka.org/en/

Mengapa disebut Semi otonomi?  Karena BSOB ini mempunyai bendahara sendiri, atau bisa dibilang  juga, mempunyai sistem keuangan sendiri yang dipisahkan dengan keuangan PPIF.

Apa saja tugas BSOB? Pada intinya adalah, menjadi koordinator pengumpul uang yang untuk selanjutnya disalurkan kepada adek2 di Indonesia yang membutuhkan tambahan biaya sekolah. Semua warga PPIF semenjak 8 tahun yang lalu, alhamdulillah selalu berhati mulia membantu BSOB dengan berbagai macam bentuk.

Sumber keuangan BSOB dari mana? PPIF seringkali berpartisipasi di banyak bazar atau acara kebudayaan. Seringkali pula rejeki datang dari bermacam-macam acara tersebut. Rejeki tersebut yang dititipkan kepada BSOB. Sedangkan, sumber lain yang terbesar adalah dari pengadaan suatu event besar PPIF yang bernama ICD. Pada awalnya, ICD merupakan singkatan dari Indonesia Charity Day. Namun, mulai tahun ini, nama Charity terasa tidak enak didengar karena mulai tahun ini visi ICD mengalami sedikit perubahan. Daripada bernama “charity” yang mendapat kesan kita meminta, lebih baik acaranya disebut dengan culture day karena isi dari acara tersebut berintikan budaya. Dari penyelenggaraan acara ini, tahun lalu berkat bantuan dari berbagai pihak dan ijin Tuhan, kita mendapatkan keuntungan 492,395 yen. Tahun ini, kita mempunyai target minimal 500,000 yen.

Banyak sekali?  Setiap tahun BSOB mengirimkan beasiswa untuk ratusan siswa SD dan SMP. Beasiswa untuk siswa SD adalah 240,000 rupiah/tahun dan untuk siswa SMP adalah 360,000 rupiah/tahun. Tahun kemarin, 337,200 yen disalurkan sebagai beasiswa (untuk 40 siswa SD dan 67 siswa SMP). Tahun ini, jumlah siswa yang menjadi penerima beasiswa meningkat dengan pesat, seiring dengan keadaan dan situasi di Indonesia akhir2 ini sehingga dapat diperkirakan ke depan jumlah beasiswa yang akan disalurkan juga akan meningkat.

sumbu x=tahun
sumbu y=jumlah siswa yang mendapatkan beasiswa setiap tahun
biru = SD
merah = SMP
kuning = total SD dan SMP

Untuk lebih lengkapnya, silakan menengok situs berikut : http://bsobnews.wordpress.com/activity/

Oleh karena itu, mari-mari kita sukseskan bersama Indonesia Culture Day 2010 yang akan diadakan pada hari Minggu, 14 Nopember 2010 yang akan datang di Fukuoka Shimin Kaikan, Shou-Hall, Tenjin 5-1-23 , jam 14.00 – 16.00.

Yoshaa! Atas nama BSOB :
Lutfiana SA (koordinator)
Yudi Chadirin (bendahara)
Prita Sari Dewi (sekretaris)

3 thoughts on “BSOB dan ICD 2010, bentuk kepedulian Pelajar Indonesia di Fukuoka

  1. Hai perkenalkan saya Monik, mahasiswa UGM yg kebetulan sedang ikut pertukaran mahasiswa di Fukuoka Woman University. Kalau mau datang ke acara ini bagaimana ya? Apakah harus konfirmasi dulu? Terima kasih🙂

  2. Pingback: pengen anak perempuan? « mom's little world

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s