INDONESIA CULTURE DAY 2010


Tinggal di luar negeri bukanlah hal yang melunturkan nasionalisme, tapi justru lebih meningkatkan kecintaan kita pada Indonesia khususnya pada aneka ragam budayanya yang membuat kita bangga menjadi orang Indonesia. Khususnya saat melakukan studi di Jepang, kita pun berkesempatan untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat Jepang.

Pada tanggal 14 november 2010 yang lalu, PPI Fukuoka didukung oleh KBRI Tokyo dan beberapa sponsor, berhasil menyelenggarakan acara Indonesia Culture Day 2010 bertempat di Fukuoka Shimin Kaikan. Acara tahunan ini merupakan kolaborasi penampilan seni tradisional Indonesia-Jepang yang hasil penjualan tiketnya sepenuhnya disumbangkan untuk pendidikan anak-anak Indonesia yang kurang mampu serta para korban bencana alam di indonesia. Tampil pada acara ini tim Tari Saman dari Aceh oleh mahasiwa Indonesia dan Jepang dari Asia Pacific University,  Tari Merak dari Jawa Barat oleh penari-penari Fukuoka, serta Tari Lenggang Nyai dari Jakarta yang juga dipersembahkan oleh para mahasiswa Indonesia dari Asia Pacific University, Oita-Ken.

Lalu dilanjutkan dengan penampilan musik angklung dari tim angklung PPIF yang merupakan kolaborasi mahasiswa Indonesia dari Kyushu University dengan Ragu-ragu Kai (Klub Lagu-Lagu yang beranggotakan orang Jepang) yang membawakan lagu Sekai ni Hitotsu Dake no Hana (SMAP), Bengawan Solo, serta lagu Yamko Rambe Yamko yang melibatkan penonton langsung, penampilan tim bedug Taiko dari Nishijin Daiko yang sangat menarik, pengumuman lomba pidato bahasa Indonesia dan ditutup dengan penampilan kolosal Tari Kecak hasil kolaborasi anggota PPIF dengan penari – penari profesional asal Fukuoka yang mengisahkan cerita klasik Ramayana yang sangat memukau.

Tidak kurang dari 50 performer datang dari Fukuoka, Kurume, Beppu, Oita turut berpartisipasi memeriahkan acara tersebut. Sekitar 300 penonton hadir memenuhi Event Hall yang berasal dari berbagai area, sebagian besar merupakan masyarakat Jepang dan Indonesia. Gemuruh riuh tepuk tangan serta ekspresi penonton yang begitu antusias di setiap mata acara menunjukkan serunya acara ini.

Pada ICD 2010 ini  diumumkan juga pemenang Lomba Pidato Bahasa Indonesia se-Kyushu-Okinawa kerja sama dengan bagian Pendidikan KBRI Tokyo yang telah diadakan pada pagi harinya ditempat yang sama. Tidak kurang dari 15 orang peserta warga negara Korea & Jepang dari seluruh wilayah Kyushu turut ambil bagian mengikuti lomba tersebut. Event yang sangat menarik ini diharapkan dapat semakin mengeratkan hubungan masyarakat Indonesia dengan Jepang khususnya di wilayah Fukuoka dan sekitarnya. Juara 1 Lomba ini dimenangkan oleh : BAE Hyun Ho asal Korea, Juara 2  KAWAKAMI Tomoki asal Jepang dan Juara 3 UEDA Keiko asal Jepang. (herpin)

2 thoughts on “INDONESIA CULTURE DAY 2010

  1. Pingback: INDONESIA CULTURE DAY 2010 (via Kabar PPI Fukuoka Japan) | Bsobnews's Blog

  2. Pingback: INDONESIA CULTURE DAY 2010 (via Kabar PPI Fukuoka Japan) | Bsobnews's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s