Tim Bulutangkis PPI Fukuoka raih Juara 1 di Fumiku Championship 2011, Kumamoto.


Pada hari Minggu, 27 Februari 2011 yang lalu, para pebulutangkis yang tergabung dalam tim Garuda  PPI Fukuoka beserta para supporters, ibu2 dan anak2 meramaikan gegap-gemuruh dan sorak-sorainya pertandingan FUMIKU CHAMPIONSHIP 2011 di Kumamoto. Pada kejuaraan tahun ini, lokasi pertandingan dilaksanakan di Shiritsu Taiikukan, Kumamoto.

Rombongan PPI Fukuoka kemarin bertolak dari International Student Dormitory (Kashii Kaikan), Ito-Susenji, dan Ito-Imajuku sekitar jam 6:30 – 7:15 dan tiba sekitar 8:45 – 9:30. PPI Fukuoka menurunkan 6 tim pasangan, yaitu:
1. Heru Sukoco/Ruslin Lengga
2. Bambang Subagio/Mustaid
3. Budi Ariyanto/Idam
4. Bambang Wahono/Irawan Zudhy
5. Syamsul Hadi/Luki
6. Faruch Maricar/Sahminan

Ditambah pasangan Aris/Bastian yang mewakili Tim Oita kendati berangkat bersama dengan rombongan tim PPI Fukuoka. serta tidak ketinggalan pula rombongan  para supporters yang turut meramaikan tim bulutangkis PPIF untuk memberikan semangat dan dukungannya.

Pertandingan dibuka oleh ketua panitia dan akan berlangsung mulai jam 10:00 – 17:00 dengan diikuti 17 tim pasangan. Pertandingan bersifat pasangan – perorangan yang mewakili kota masing-masing. Kejuaraan FUMIKU Championship 2011 diikuti oleh para pebulutangkis dari berbagai kota, Kumamoto, Kitakyushu, Oita, dan Fukuoka, baik dari kalangan mahasiswa, pekerja dan warga Indonesia yang tinggal di sekitar Kyushu-Okinawa. Pertandingan dibagi menjadi 6 grup, A, B, C, D, E, dan F serta setiap grup terdiri dari 3-4 tim pasangan dengan sistem pertandingan setengah kompetisi di mana setiap tim pasangan bertemu satu sama lain dalam setiap grupnya dan diambil 2 tim pasangan dengan point terbesar.

Pada awal pertandingan sudah terjadi 2 korban pemain yang terkilir kakinya saat pertandingan, yaitu:
1. pasangan Heru/Ruslin (Fukuoka) vs. siFulan/Djoko (Kumamoto): Heru/Ruslin menang TKO krn siFulan terkilir kakinya.
2. pasangan Bambang Subagio/Mustaid (Fukuoka) vs. Faruch/Sahminan (Fukuoka): Faruch/Sahminan menang TKO krn pak Bambang terkilir kakinya akibat luka lama.

Pertandingan lainnya di masing2 grup berjalan seru dan alot, berusaha untuk memenangkan setiap game agar bisa menuju Final utk mendapatkan kedudukan tertinggi dalam kejuaraan, yaitu Pemenang I mengingat hadiahnya yg sungguh menggiurkan, salah satunya yaitu Durian Munthong yang sudah dijejerkan sejak pagi di meja panitia selain piala dan medali.

Sistem pertandingan kali ini, sejak babak penyisihan grup hingga Final menggunakan sistem setengah kompetisi, di mana setiap tim pasangan akan bertemu seluruhnya satu sama lain dan kemudian pemenangnya akan ditentukan melalui jumlah kemenangan game dan score. Babak Final diambil 3 tim pasangan dengan jumlah kemenangan game dan score tertinggi, yaitu pasangan Bastian/Aris (Oita), Heru Sukoco/Ruslin Lengga (Fukuoka), dan 1 tim pasangan dari Kumamoto.

Ketiga pasangan saling dipertemukan dan dipertandingan untuk menentukan jumlah kemenangan game dan score tertinggi. Hingga akhirnya, tim pasangan dari PPI Fukuoka (Heru Sukoco/Ruslin Lengga) berhasil meraih penghargaan tertinggi (Pemenang I) setelah pada tahun lalu pasangan ganda PPI Fukuoka (Heru Sukoco/Cecep Yandri) menempati Pemenang ke-2, tim pasangan dari Oita (Bastian/Aris) meraih Juara ke-2, dan tim pasangan dari Kumamoto meraih Juara ke-3.

Fumiku 2011 ditutup sekitar jam 17:15 oleh panitia pelaksana sekaligus penyerahterimaan piala kepada para pemenang dan diakhiri dengan berfoto2, baik para pemain dan keluarga besar warga Indonesia yang hadir di acara tersebut. Tterima kasih kepada seluruh pihak terutama para pemain dan supporters, khususnya ibu2 dan anak2 yang dengan setia menyaksikan dan memberikan dukungan kepada seluruh pemain sejak awal pertandingan hingga Final.

Semoga silaturahim melalui olahraga ini dapat tetap melekat kuat di antara sesama warga PPI Fukuoka sepanjang masa. Amin. (hs)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s