Kunjungan keluarga besar PPI Fukuoka ke Pusat Pembangkit Listrik Geotermal Hatcobaru milik Kyushu Electric Power Co di Kujyu


Pada hari Sabtu, 19 Maret yang lalu, keluarga besar PPIF mendapat undangan dari pihak Kyudenko sebagai perusahaan listrik negara Jepang khususnya di wilayah Kyushu untuk mengunjungi kantor Pusat Pembangkit Listrik Geotermal Hatchobaru milik Kyushu Electric Power co tersebut. Dengan menggunakan 2 buah bis besar yang disediakan pihak Kyudenko, sekitar 75 anggota PPIF pagi itu berangkat dari stasiun bis sentral Hakata tepat jam 9 pagi. Tujuan pertama kepergian rombongan keluarga besar PPIF ini adalah mengunjungi taman Hana Koen yang terkenal dengan keindahan taman serta kelengkapan koleksi bunganya itu.

Sesampainya di sana sekitar pukul 11.30 siang, langsung dimanfaatkan oleh rombongan untuk beristirahat sejenak sambil berjalan – jalan menikmati keindahan taman bunga tersebut sambil sekaligus juga menyantap hidangan santap siang bersama. Meskipun saat itu kebanyakan bunga – bunga yang ada di taman tersebut belum waktunya untuk mekar semua namun tidak mengurangi keceriaan seluruh rombongan untuk mengabadikan momen – momen bersama teman dan keluarga tersebut dengan kamera tustel masing – masing.

Tepat pukul 1  siang  perjalanan pun dilanjutkan ke tujuan utama yakni pusat pembangkit listrik milik Kyudenko. Hanya sekitar setengah jam saja, rombongan sudah sampai di lokasi tujuan dan langsung disambut oleh tuan rumah yang diwakili oleh deputy manager perusahaan tersebut yakni Hirakura san. Rombongan kemudian dipersilahkan masuk ke ruangan hall utama yang sudah dilengkapi dengan kursi – kursi yang sudah tersusun rapih mirip ruangan kelas. Dengan arahan langsung dari Hirakura san, seluruh rombongan kemudian diberikan penjelasan seputar bagaimana proses dan kerja pusat pembangkit listrik tersebut secara detil mulai dari pemanfaatan sumber gas alam dari pusat bumi hingga proses pengolahannya menjadi energi listrik yang selanjutnya didistribusikan ke seluruh bagian negara Jepang. Penjelasan yang menarik tersebut dilengkapi pula dengan pemutaran video dan demonstrasi alat peraga. Selanjutnya rombongan diajak berkeliling dan melihat – lihat ke seluruh area di kawasan industri tersebut.

Merupakan kesempatan yang cukup langka sebenarnya bagi orang luar untuk bisa mengunjungi dan melihat – lihat langsung kondisi dan proses kerja pembangkit listrik geothermal yang merupakan nomer satu terbesar di Jepang dengan kapasitas produksi tidak kurang dari 110.000 kW tersebut. Setelah puas berkeliling dan meninjau lingkungan diseputar area tersebut, rombongan di ajak kembali ke ruangan kelas dan diberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab. Sebagian besar anggota rombongan langsung dengan semangat mengajukan berbagai pertanyaan yang kesemuanya dijawab dengan begitu sabar dan ramah oleh Hirakura san dengan dibantu penterjemahannya oleh anggota PPIF, saudari Herpin yang penguasaan bahasa Jepang nya sudah sangat fasih tersebut.

Meskipun masih banyak sebenarnya pertanyaan yang ingin diajukan namun berhubung dengan keterbatasan waktu akhirnya dengan berat hati perwakilan dari Kyudenko Fukuoka Hayasi san yang menyertai rombongan sejak dari Hakata terpaksa mengumumkan bahwa waktu kunjungan tersebut sudah harus diakhiri pada pukul 3 sore. Setelah dilakukan sesi foto bersama seluruh keluarga besar PPIF di halaman depan pusat pembangkit listrik tersebut, rombongan pun satu persatu dengan tertib naik kembali ke kendaraan bis yang sudah menunggu untuk selanjutnya kembali ke Hakata.

Terima kasih Kyudenko atas kesempatan serta undangannya untuk melihat dari dekat pusat pembangkit listrik Hatchobaru tersebut. Terima kasih juga kepada pengurus PPIF yang telah memfasilitasi hingga keseluruhan program jalan – jalan hari itu dapat berlangsung dengan tertib dan lancar.  (Agung Premono)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s