Last Lecture Periode September 2011


Last Lecture Periode Oktober 2011

Dalam setiap pertemuan selalu saja ada kalanya untuk berpisah. Kondisi alamiah itu juga dirasakan PPIF yang pada Oktober 2011 melepas beberapa rekan yang telah selesai menyelesaikan studi maupun risetnya. Pada kesempatan last lecture tersebut sebenarnya sedikit special karena PPIF melepas anggotanya dalam jumlah yang cukup banyak. Tercatat total 19 orang anggota PPIF yang dilepas pada periode tersebut, yang terdiri atas 8 (delapan) orang lulusan program Doktor, 3 (tiga) orang lulusan program Master, dan 8 (delapan) orang peneliti yang telah selesai melakukan penelitiannya.

Adapun nama alumni adalah sebagai berikut.

  1. Program Doktor
    1. Dr.Eng.Akmaluddin
    2. Dr.Eng.Rida Siti Nur’aini Mahmuda
    3. Dr.Eng.Sugeng Wahyudi
    4. Dr.Eng.Silmi Fauziati
    5. Dr.Eng.Isty Adhitya Purwasena
    6. Dr.Eng.Erfina Oktariani
    7. Dr.Eng.Amil Ahmad Ilham
    8. Dr.Eng.Muhammad Zudhy Irawan
  2. Program Master
    1. Cecep Yandrie.M.Eng
    2. Andjas Wahyu Ardiansyah.M.Eng
    3. Azwar Hayat. M.Eng (Tidak Hadir)
  3. Peneliti
    1. Amry Dasar
    2. Ferian Anggara
    3. Liza Zeplika
    4. Putu Hangga Nan Prayoga
    5. Thanti Octavianti
    6. Very Susanto
    7. Aditya Kesuma Negara Dalimunthe
    8. Hanik Humairida

Sedianya, panitia telah meminta para alumni untuk menuangkan pemikirannya baik yang terkait dengan penelitian yang telah dilakukannya selama di Jepang maupun pemikiran lainnya, untuk ditampilkan dalam acara tersebut dan akan dibukukan dalam bentuk Letter From Fukuoka. Namun karena kesibukan yang tinggi darai para alumni, maka sampai saat acara digelar, tulisan tersebut belum berhasil dikumpulkan oleh panitia. Akhirnya, dengan pertimbangan waktu pelaksanaan LAST LECTURE, maka panitia memilih perwakilan alumni untuk memberikan materi. Dengan dimoderatori oleh Bapak Adi Maulana, panitia memilih dua orang dari Program Doktor, yaitu Bapak Dr. Eng. Akmaludin dan Ibu Dr. Eng Silmi Fauziati serta dua orang dari peneliti yaitu Sdr. Putu Hangga Nan Prayoga dan Thanti Octavianti untuk membagikan ilmu dan pengalamannya selama belajar dan meneliti di Jepang. Adapun materi dari para pemateri dapat diunduh dari link tersebut.

Acara diikuti sekitar 20 anggauta PPIF bersama keluarga sehingga meriah. Kemeriahan semakin bertambah dan special dengan adanya tamu khusus dari delegasi Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah Jakarta, yang pada saat bersamaan sedang berada di Fukuoka untuk menghadiri penandatanganan kerjasama antara FST UIN Syarief Hidayatullah dengan Fukuoka University Japan. Dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Bapak Dr. Agus Salim, M.Si, rombongan yang berjumlah sekitar 12 orang turut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Dalam kegiatan tersebut juga ada pemaparan tentang Yayasan Teman Hati. Sebuah yayasan nirlaba di Fukuoka yang menjadi sponsor utama kegiatan PPIF selama ini. Chikako Mie-san sebagai wakil dari yayasan tersebut memberikan SPEECH dalam bahasa Indonesia tentang awal mula yayasan teman hati didirikan.

Beberapa pesan yang patut dicatat dan direnungkan bersama dari acara Last Lecture tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Hendaknya penelitian tetap terus dilanjutkan di Indonesia walaupun dengan segala keterbatasan dan kendala yang ada
  2. Para mahasiswa dan semua warga Indonesia yang ada di Fukuoka hendaknya meneladani budaya hidup orang Jepang yang sangat gigih dalam berusaha, disiplin dalam segala hal serta sangat tanggung jawab akan tugas yang diembannya, dan dapat diimplementasikan sekembalinya ke tanah air
  3. Hendaknya selalu menjaga kerjasama pasca selesainya studi di Jepang dengan para “sensei” dan peneliti lainnya di Jepang guna menunjang penelitian yang berkesinambungan di Indonesia.
  4. Memelihara selalu silaturahmi sebagai sesame warga Negara Indonesia yang pernah merasakan nasib yang sama di Fukuoka.

Acara ditutup dengan sesi doa bersama yang dipimpin oleh Ust. Very Susanto, yang juga adalah salah satu alumni peneliti yang dilepas dalam acara tersebut dan diakhiri dengan foto bersama. Adapun dokumentasi dari kegiatan tersebut dapat dilihat dalam link berikut.

Ketua PPIF, Bapak Irwan Ridwan, memberikan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi

Peserta yang siap menyimak paparan pemateri

Pemateri : (ki-ka) Tanti Octavianti, Putu Hangga; Dr. eng. Sili Fauziati; Moderator : Adi Maulana

Pemateri terakhir : Dr. Eng. Akmaluddin bersama moderator

Tamu special Mie-san dari Yayasan Teman Hati(berdiri) bersama Dekan Faklutas Sains dan Teknologi UIN Syarief Hidayatullah Jakarta Dr. Agus Salim, M.Si (Kanan) dengan dimoderator Ketua PPIF

Foto bersama wisudawan (ki-ka): Putu hangga, Dr. Eng. Akmaluddin, Very Susanto, Amry Dasar, Irwan Ridwan (Ketua PPIF), Hanik Humairida, Thanti Octavianti, Dr. Eng. Silmi Fauziati, Dr. Eng. Isty Aditya Purwasena, Dr. Eng. Rida Rida Siti Nur’aini Mahmuda saat menerima plakat

Ust. Very Susanto memimpin doa

Peserta hikmat berdoa bersama

Foto Bersama

Numpang Action

(Agung Premono/Adi Maulana)

One thought on “Last Lecture Periode September 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s