Kajian Zakat

Kajian Tentang Zakat


Sebagaimana kita ketahui bahwa bahaya kemiskinan sudah menjebak kita, walau pemerintah telah merevisi angka kemiskinan, namun hal itu merupakan lebih merupakan persoalan definisi. Menurut salah satu pakar (Erie Sudewo, IMZ 2010), kemiskinan di Indonesia disebabkan oleh 4 hal yaitu akibat kebijakan, akibat ekspansi bisnis, masyarakat yang tidak begitu peduli, dan lemahnya lembaga zakat.

Untuk memperdalam pengetahuan warga muslim Indonesia di Fukuoka tentang sebab kemiskinan dan beberapa alternatif solusinya, serta membincang peran zakat dalam pengentasan kemiskinan dan mewujudkan keadilan sosial di Indonesia, maka MUSFUK dan Divisi Kajian Strategis PPI Fukuoka mengadakan Kajian Ramadhan dan Buka Bersama, pada tanggal 13 Ramadhan 1432 H/13 agustus 2011, dengan tema besar, “ zakat dan keadilan sosial”. Acara talkshow ini menghadirkan Bapak Arifin Purwakananta, praktisi zakat dari Dompet Dhuafa. Kegiatan ini di dukung penuh pula oleh LWZ Dompet Dhu’afa.

Kegiatan ini diikuti puluhan peserta baik dari kalangan ibu-ibu, bapak-bapak, student, maupun warga Indonesia yang tinggal di Jepang. Menjelang acara buka puasa, peserta semakin banyak berdatangan, tidak hanya warga Indonesia, tetapi juga warga negara lainnya turut  serta pada acara buka puasa tersebut, diperkirakan ratusan peserta memenuhi ruangan yang disediakan.

Berikut ini foto bersama yang kami ambil setelah kegiatan :

Image

(Very Susanto)

One thought on “Kajian Tentang Zakat

  1. 。何も真新しい
    トリビュートラインのようなファッションアイコンの節目の誕生日を迎えて
    いません。ヘリテージコレクション
    は不朽のスタイル、クラフトマン
    シップ、そし
    て長寿の70歳をマークするのに最適
    な方法です

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s