last_lecture_mar-2013_7

Last Lecture Wisudawan PPIF periode Maret 2013 & PEMILU PPIF 2013


Puji syukur kehadirat Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang yang telah mencurahkan kasih sayang, kesehatan serta ilmu kepada kita sekalian.

Alhamdulillah akhirnya pada tanggal 24 Maret 2013 telah sukses dilaksanakan program kerja terakhir dari Kepengurusan PPI Fukuoka 2012-2013 dan dimulainya awal yang baru oleh kepengurusan periode 2013-2014. PPI Fukuoka edisi 2012-2013 dibawah arahan Bapak Very Susanto menutup lembaran terakhir ini dengan cantik karena dibarengi dengan acara pelepasan wisudawan (Farewell Party) dan penyampaian kesan dan pesan para wisudawan lewat video interaktif. Para wisudawan dan wisudawati yang terdiri dari para Doktor dan Master dari berbagai universitas yang tersebar di wilayah naungan PPI Fukuoka tentunya sangat bangga atas pencapaian individu-nya demikian pula dengan warga PPI Fukuoka yang akan segera menyusul.

Adapun kami segenap warga PPI Fukuoka yang sedang menimba ilmu dan mewakili para senior yang telah mentas dari perkuliahan memberikan selamat dan apresiasi kepada para wisudawan dan wisudawati yang kami banggakan. Semoga apapun yang akan dilakukan setelah ini selalu berada dibawah bimbingan Tuhan Yang Maha Esa dan berguna bagi orang lain. Bagi para wisudawan yang akan kembali bertugas di instansinya masing-masing kami doakan dapat memberikan warna yang baru bagi instansinya, sementara bagi yang akan bertualang di dunia kerja kami harapkan kesuksesan karir menaungi yang bersangkutan. Last but not least, bagi yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi juga kami ucapkan selamat berjuang dimanapun mereka akan berada.

Untuk periode kali ini, acara ini diselengarakan di Shirohama Kaikan dimana lokasinya dekat dengan Kyushu University – Hakozaki Campus, mulaipukul 10:00 dan dihadiri tidak kurang dari 60 warga aktif PPI Fukuoka.

Rangkaian acara yang juga dihadiri oleh Atdikbud Kedutaan Besar Indonesia untuk Jepang di Tokyo, Bapak Iqbal Djawad ini dibuka dengan menyanyikan bersama lagu kebangsaan Padamu Negeri dengan diiringi oleh Orange-Band (perkumpulan anak muda pecinta musik dalam PPI Fukuoka). Kemudian sesi pertama dimulai dengan sambutan-sambutan baik dari Ketua PPI Fukuoka, Bapak Very Susanto dan juga Bapak Atdikbud Iqbal Djawad, yang kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video pesan dan kesan para wisudawan selama menimba ilmu di Fukuoka.

last_lecture_mar 2013_1

Pemutaran video pesan dan kesan wisudawan dan wisudawati PPIF

Menjelang tengah hari, Bapak Atdikbud menyempatkan waktunya untuk memberikan ceramah perihal peluang dan tantangan mahasiswa-mahasiswa yang menimba ilmu di luar negeri dan di jepang pada khususnya, dengan tema “Innovation Sci & Tech and The Future”. Pesan beliau yang paling utama adalah untuk sedari dini memikirkan dalam-dalam apa yang hendak dilakukan setelah menyelesaikan studi saat ini dan efek positif apa yang sekiranya bisa disumbangkan untuk kemajuan manusia dalam ilmu pengetahuan.

last_lecture_mar 2013_2

Penyampaian materi ceramah oleh Bapak Atdikbud M.Iqbal Djawad

Acara pelepasan wisudawan itupun akhirnya disudahi dengan acara pemberian kenang – kenangan untuk para pembicara anggota PPIF untuk  periode kelulusan Maret 2011 tersebut.

last_lecture_mar 2013_3

Pemberian kenang-kenangan bagi para wisudawan dan wisudawati PPIF

Pada sesi Ishoma dan ramah tamah, diberikan kesempatan sekali lagi kepada Orange band untuk menampilkan keahlian bermusik untuk menghibur para warga, tamu dan undangan yang hadir, dengan diantaranya memainkan lagu-lagu popular seperti “Rumah Kita”, “November Rain” dan “Kemesraan” yang melibatkan penonton untuk ikut bersama-sama bernyanyi.

last_lecture_mar 2013_4

Penampilan Orange Band pada sesi istirahat

(Ki-Ka: Naldi, Hangga, Karin, Aril, Andrew, Widya, Aroel, Tyan)

Selepas tengah hari, acara berikut yang ditunggu-tunggu adalah PEMILU PPIF. Acara ini adalah acara tahunan rutin yang diadakan sebagai bentuk nyata pesta demokrasi mahasiswa Indonesia di Fukuoka. Sebelum dimulainya ajang PEMILU PPIF, dilakukan pelaporan pertanggungjawaban pengurus PPI Fukuoka 2012-2013 oleh Bapak Very Susanto yang diterima tanpa syarat oleh anggota.

pak very

Bapak Very Susanto

Atas semua kegiatanyang telah dilakukan termasuk puncak program kerja yang melelahkan : ICD 2013, yang berlangsung semarak, maka kami ucapkan terima kasih atas kerja kerasnya selama ini. Meminjam sebuah frase dalam bahasa jawa:

“Lemah-Lemah Teles, Gusti Allah Sing Mbales”

 Otsukaresamadeshita!! Iro-iro Arigatou Gozaimashita.

last_lecture_mar 2013_5

Perkenalan balon ketua PPIF dan penyampaian visi dan misi dihadapan warga PPIF

(ki-ka: Hendra, Hangga, Guruh, Naldi)

Adapun dari para bakal calon yang hadir dipersilahkan untuk memperkenalkan diri dan menyampaikan visi dan misinya sebelum proses pemilihan dilangsungkan, sementara para pemilih dan tim sukses para bakal calon sibuk mengatur strategi terakhir untuk pemenangan dan meneriakkan yel-yel dukungan. Sungguh sebuah pemandangan ideal sebuah pesta demokrasi !!

Akhirnya setelah melalui proses pemungutan suara, terpilihkan nahkoda baru PPIF 2013-2014 yaitu Bapak Hendra Pachri dengan kemenangan yang telak atas para bakal calon lainnya. Acarapun dilanjutkan dengan ramah tamah dan pemberian selamat kepada Pak Hendra atas kemenangan yang dicapainya, dimana itu adalah kemenangan seluruh warga PPI Fukuoka. Pada penutup acara seperti biasa, warga bahu membahu membersihkan tempat pelaksanaan acara dan melanjutkan aktivitasnya masing-masing.

 pak hendra_6

Pak Hendra, Omedetou Gozaimasu !!

Semoga Pak ketua baru PPIF dan para punggawanya bisa membawakan kepengurusan PPIF lebih hidup, bergairah dan membawa nama Indonesia berkibar di Fukuoka.

Sekali lagi Otsukaresamdeshita untuk para panitia dan seluruh pihak yang telah memberikan sumbangsih pikiran, tenaga dan dana sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik. Jayalah PPI Fukuoka !!

Sebagai penutup, meminjam peribahasa Bugis-Makassar sebagai pengiring kerja kepengurusan yang baru :

Le’ba kusoronna biseangku, kucampa’na sombalakku, tamassaile punna teai labuang”

Bila perahu telah kudorong,layar telah terkembang, takkan ku berpaling kalau bukan labuhan yang kutuju.

(PH,FM,AN)

last_lecture_mar 2013_7

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s