DSC_0406

Sekilas Kegiatan PPIF Angklung Ceria tahun lalu (2012-2013)


Angklung, ya…angklung.siapa sih orang Indonesia yang tidak kenal angklung. Instrumen yang satu ini adalah hasil kerajinan tangan manusia yang terbuat dari bambu 1).

Angklung sudah jadi trade mark bangsa kita bahkan mungkin sejak Indonesia merdeka. Catatan mengenai angklung baru muncul merujuk pada masa Kerajaan Sunda (abad ke-12 sampai abad ke-16). Walaupu asal mulanya instrumen ini dari Jawa Barat, namun efeknya terasa mulai dari Sabang sampai Merauke.

Walaupun angklung sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia, banyak PPIF-ers yang memegang angklung untuk pertama kali setelah berada di Fukuoka. Di sini, angklung tidak hanya dimainkan, tapi juga diperkenalkan keindahannya melalui penampilan di banyak acara. Lagu yang dimainkanpun tidak hanya lagu-lagu dari Indonesia, tetapi juga lagu-lagu dari Jepang dan mancanegara. Dengan bangga kita bisa bicara kepada dunia bahwasanya angklung telah terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO sejak November 2010.

Dalam ranah budaya, angklung adalah salah satu instrumen yang jadi andalan untuk memperkenalkan budaya Indonesia ke manca negara, karena fiturnya yang khas dan cara memainkannya yang mudah.

Penampilan angklung yang biasa dibawakan oleh PPIF-ers dilakukan dengan ber-group. Oleh karena itu, latihan dan kerja sama menjadi sangat penting supaya penampilan dapat serempak dan kompak. Karena pada prinsipnya permainan angklung adalah permainan kelompok, dan bagus tidaknya suatu lagu yang dibawakan tergantung dari kekompakan tiap personil grup angklung.

Angklung di sini dipelajari dengan melihat partitur not angka bersama-sama. Sebuah angklung pada dasarnya hanya bisa membunyikan satu jenis nada. Nada tersebut dinotasikan dengan not angka dan masing-masing angklung ditandai dengan angka tersebut. Satu orang anggota biasanya memegang satu atau dua buah angklung dan dia bertugas membunyikannya ketika giliran suatu nada harus dibunyikan. Di sinilah bagian yang agak sulit dari bermain angklung bersama.

Angklung akan terdengar merdu dan megah jika dimainkan beramai-ramai dengan kompak.Untuk itu, diperlukan persiapan dan latihan yang cukup panjang,dipimpin pelatih yang cukup punya pemahaman musik umum maupun angklung.Tahap-tahap persiapannya adalah: Pilih lagu dengan aransemennya. Lagu yang cocok dimainkan dengan angklung umumnya yang berirama riang,dan jika bisa ada bagian yang rancak,sehingga bisa diimprovisasi dengan teknik centok.Lagu ini kemudian perlu diaransemen khusus untuk angklung, dengan memiliki beberapa suara 2).

Latihan angklung merupakan kegiatan yang penting, namun menyenangkan. Walaupun banyak yang baru belajar, anggota yang lebih dulu belajar akan dengan senang hati saling mengajari. Sambil berlatih mengompakkan permainan, sering juga bisa dinikmati cemilan enak di sela-selanya, seperti terlihat pada foto-foto latihan dan persiapan dibawah ini.

latian_angklung_1

latian_angklung_4

latian_angklung_5

Tentu saja, PPIF angklung ceria tidak hanya latihan saja. Kita juga menampilkan beberapa penampilan menghibur di berbagai acara dan festival yang ada di Fukuoka. Berikut adalah beberapa penampilan yang pernah dimainkan oleh PPIF angklung ceria, disertai penampakan kostum-kostum daerah Indonesia sebagai pemanis tampilan para punggawanya. Belakangan malah, tim angklung mencoba memasukkan unsur perkusi berupa kendang dan juga unsur ritmik dengan gitar akustik. Mungkin kedepannya bisa diisi oleh paduan suara🙂.

photo_blogppif_1

Pengenalan angklung kepada siswa SD di depan putra mahkota kaisar Jepang

photo_blogppif_2

Take no Sato Festa di Nakagawa

photo_blogppif_3

FOSA Culture Show

photo_blogppif_4

Penyambutan mahasiswa asing baru Universitas Kyushu

photo_blogppif_5

Indonesia Culture Day (ICD) ke-10

Khususnya pada pagelaran ICD ke 10 awal tahun 2013 yang lalu, panitia berhasil mendatangkan pemain angklung professional dari Saung Angklung – Jawa Barat, yang membawakan gubahan lagu-lagu baik jepang, nasional maupun lagu daerah. Salah satu unsur yang menarik dari pagelaran ini adalah adanya angklung interaktif.

Angklung interaktif adalah kegiatan dimana seorang konduktor mengajak banyak orang,yang umumnya awam, untuk bermain angklung beramai-ramai.Kegiatan ini bisa dilakukan di tempat pariwisata atau acara ramah tamah.Pada para peserta akan dibagikan angklung-angklung yang sudah diberi nomor sesuai nadanya.

Pada ICD ke-10 yang lalu sang konduktor memimpin, dengan cara konduktor mengajarkan isyarat tangan untuk nada-nada tertentu pada penonton, kemudian memimpin suatu lagu dengan memberikan isyarat yang tepat secara berurutan untuk diikuti para penonton. Tidak kurang lebih dari 100 angklung dengan nada berbeda disebarkan pada penonton dan semua ikut berpartisipasi memainkan lagu-lagu daerah popular.

555957_4704521616627_1567803657_n

Angklung Interaktif ICD ke-10

Angklung, alat musik yang gampang-gampang susah untuk dimainkan, pembaca (Anda?) tidak akan merasakan feel-nya jika belum memegang dan menggoyangkannya langsung. Sudah siap untuk bergabung bermain angklung bersama?

Ke depannya, angklung juga tetap akan menjadi santapan rutin warga PPIF dalam berbagai acara-acara yang diadakan di Fukuoka, dan harapannya dengan angklung kita bisa menjalin persahabatan baik kedalam maupun keluar.

Akhir kata, segenap warga PPI Fukuoka mengucapkan terima kasih atas kerja keras punggawa PPIF Angklung ceria di tahun lalu dan tahun-tahun sebelumnya, semoga meninggalkan kesan yang tidak terlupakan setelah kawan-kawan semua kembali ke Tanah Air, dan selamat bergabung untuk para punggawa-punggawa baru. Mari kita ceriakan bersama kehidupan selama berada di Fukuoka-Jepang ini.

写真 407

Nantikan posting kegiatan-kegiatan warga PPI Fukuoka selanjutnya, salam PPIF Ceria🙂

Kontributor: lutpi 2013

Editor (PH, AN, FM)

Referensi:

1). http://kbbi.web.id/angklung

2). http://www.mawarnada.com/2012/06/sejarah-angklung_14.html

3). Foto-foto dokumentasi pribadi, KPIF dan Grup Republik Facebook Fukuoka (RFF)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s