1

Friendly Match Indonesia (PPIF) vs ASEAN Team, 10 Maret 2013


Menjelang akhir kepengurusan PPIF 2012-2013 yang lalu, berawal dari aktifnya komunitas sepakbola warga Indonesia di Higahsi-Ku yaitu Shirohama FC yang dikomandoi Pak Cuk SAN dan juga inisiasi awal dari Kadiv. Hubungan Kesternal saat ini (mbak Widya) yang banyak berhubungan dengan teman-teman dari negara tetangga akhirnya diselenggarakanlah pertandingan sepakbola persahabatan antara tim Indonesia melawan tim Laos pada tanggal 10 Maret 2013 (aktualnya Tim Laos terdiri dari pemain-pemain dari regional ASEAN meliputi Laos, Kamboja, Thailand dan Vietnam). Beginilah bangsa yang besar, melawan kita saja harus mengumpulkan pemain-pemain terbaik dari negara masing-masing🙂.

Adapun tim Indonesia dipersiapkan dengan memanggil punggawa-punggawa dari tim SHirohama FC dan ditambahan dengan legiun dari Nishi-Ku yang merupakan sisa-sia punggawa Ranger Magenta yang tampil pada FOSA dan KUFSA tournament tahun 2012. Alhasil peminat membludak dan Tim ASEAN sempat kaget dengan kehadiran tidak kurang dari 20 pemain Indonesia yang siap tanding dengan mengenakan seragam kebesaran tim nasional Indonesia dengan dukungan supporter garis keras (Ultras) di punggir lapangan dan dukungan moril 250 juta penduduk Indonesia. CMIIW

Pertandingan yang dilaksanakan pada sore hari di lapangan sepakbola Kyushu University – Maidashi Campus ini bertambah semarak dengan kehadiran Ketua PPIF 2012-2013 Bpk Very Susanto, yang menyempatkan diri hadir walaupun beliau baru saja kembali dari Texas-Amerika yang mana mungkin…sekali lagi mungkin masih mengalami disorientasi waktu dan Jetlag.

1

Kedua tim foto bersama dahulu di awal sebelum berjibaku di lapangan

578398_10200391496144015_1589752691_n

Sebagian dari para suporter garis keras/Ultras tim PPIF di pinggir lapangan

Pada 45 menit babak pertama, tim PPIF menurunkan pemain-pemain kawakan dan berpengalaman untuk meladeni keganasan tim ASEAN yang dikomandani Poy (Thailand) di lini tengah dan Boundeth (Laos) sebagai target man. Beruntunglah tim PPIF memiliki jenderal lapangan tengah yang tangguh dalam diri Mas G (Guruh/Ganteng-Kadiv Olahraga PPIF), didukung oleh libero Pak Hairul Yakin, untuk menopang duet penyerang Adiguna Bahari (Ketua ICD) dan Pak Adi Maulana (Wakil ketua PPIF).Sementara lini pertahanan dikomandoi Bapak Hendra Pachri (Ketua PPIF 2013-2014) sebagai penjaga gawang.

6

Ujung Tombak Tim PPIF, Pak Adi Maulana melepaskan tembakan kearah gawang Tim ASEAN

4

Libero Pak Hairul Yakin berhasil merebut bola dari kaki Bondeth sang penyerang tim ASEAN

Alhasil pada babak pertama ini Indonesia harus mengakui keunggulan tim Laos dengan skor 2-1, dan diperparah dengan cederanya Pak Hairul dan Hangga di lini pertahanan yang secara konsisten harus beradu fisik dengan penyerang-penyerang ganas dari Tim ASEAN.

Pada babak kedua, Tim PPIF, mengganti 10 pemain yang ada di lapangan (kecuali penjaga gawang) dengan maksud memberikan kesempatan kepada pemain-pemain muda (muda usia, muda pengalaman walaupun ada yang tidak muda lagi..hehe). Dapat dimaklumi bahwa skuad yang baru dibentuk ini masih kesulitan dalam beradaptasi dan bekerja sama satu sama lain. Dan hal ini dimanfaatkan oleh Tim ASEAN untuk memperbesar keunggulan menjadi 3-1 di awal babak kedua. Seiring dengan berjalannya waktu, Tim PPIF memasukkan penyerang senior yang sudah lama tidak tampil yaitu Mas Amry Dasar, yang pada akhirnya mampu menyumbangkan 2 gol pada laga ini.

5

Jenderal lapangan tengah Tim PPIF, mas G dibantu oleh Adiguna mengawal ketat pemain Tim ASEAN

Menjelang senja, pertandingan berakhir dengan skor 5-3 dimana Indonesia dipaksa mengakui keunggulan Tim ASEAN. Namun dibalik kekalahan ini ada banyak sekali manfaat yang didapat, diantaranya badan sehat, persahabatan makin erat dan juga keceriaan dari para pemain, official (Istri pemain), para pendukung dan juga fotografer professional dari KPIF yang mendapatkan berbagai target foto yang esklusif.

7

Para pemain tim PPIF di babak ke-2

Akhir kata, kami mewakili seluruh warga PPIF mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini, yang mana tidak bisa kami sebutkan satu persatu, dengan diiringi doa agar kegiatan-kegiatan positif seperti ini bisa terus diselenggarakan di waktu yang akan datang.

3

Setelah bertanding, membersihkan lapangan, dan diakhiri foto bersama

Salam Olahraga!!

Kontributor: Melon

Editor : PH,FM,AN

Sumber: Grup Republik Facebook Fukuoka, Foto-foto oleh Bapak Mustaid Yusuf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s