fosa

Indonesia Bisa Juara !!! FOSA Bowling Tournament 2013


Pada tanggal 27 Januari 2013 yang lalu, Fukuoka Overseas Student Association menyelenggarakan event tahunan mereka yaitu turnamen bowling yang diikuti oleh 14 Tim yang sebagian besar mewakili komunitas negara/benua dari para pelajar yang tersebar di seantero wilayah Fukuoka.

Pada event ini pun, PPIF ambil bagian dengan menggelontorkan dua tim putra (Tim Merah) dan putri (Tim Putih). Meskipun pada saat bersamaan konsentrasi para warga PPIF sedang difokuskan pada pagelaran akbar ICD ke-10 pada minggu berikutnya, namun hal ini tidak menyurutkan semangat warga untuk bertanding dna mendukung tim PPIF. Sepanjang sejarah yang penulis ketahui, Tim Bowling PPIF telah dirintis sejak bertahun-tahun yang lalu, mungkin sejak berdirinya PPIF sebagai organisasi. Namun track record para punggawa dan kegiatan yang telah dilakukan mungkin belum pernah di-ekspose ke hadapan publik. Oleh karena itu, penulis mencoba untuk menuangkan sejarah singkat kegiatan tim bowling PPIF sejak 2 tahun belakangan.

Olahraga bowling bukan merupakan olahraga utama yang biasa dimainkan oleh warga PPIF, namun sejarah telah mencatat Bapak Dr. Heru Sukoco dan Dr. Ruslin Lengga adalah dua orang senior berpengaruh dalam terinisiasinya berbagai latihan maupun ikut serta dalam berbagai perlombaan sejak 3 tahun lalu, yang kemudian semangatnya diteruskan oleh Bapak Dr. Farouk Maricar dan Dr. Syahminan pada setahun terakhir. Meskipun demikian, sampai akhir tahun 2012 belum pernah rasanya tim bowling PPIF merasakan berada di puncak asa dan meraih gelar dalam berbagai turnamen yang diikuti. Ibaratnya klasemen dalam liga sepakbola, Tim bowling PPIF masih berada di papan tengah walaupun kualitas beberapa individu pemain tergolong wah. CMIIW

sepuh

Para Sesepuh Tim Bowling PPIF in Action (Ki-Ka: Dr. Farouk Maricar, Dr. Heru Sukoco, Dr. Syahminan)

sumber: Facebook profile Pak Heru Sukoco

Kembali kepada pagelaran FOSA bowling tournament 2013, tim merah dan tim putih PPIF harus bertanding dengan lawan-lawan kuat seperti Tim Kamboja, tim FOSA, Vietnam, Laos dan China (Entah mengapa tim-tim kuat berasal dari negara ASEAN J). Apalagi ditambah dengan tekanan psikis dari para pendukung lawan lewat teriakan dan usaha lain untuk memecah konsentrasi (agak hiperbolis sih, tapi itulah kenyataannya  :))

tim merah-putih

Tim Merah-Putih PPIF (Ki-Ka: Amry, Hangga, Arul, Heru, Rita, Widya, Lia, Indri)

Setelah melalui 2 game untuk masing-masing tim, skor tiap pemain dalam 1 tim dijumlahkan dan diperolehlah total score yang akan menentukan juara dari pagelaran kali ini.  Jauh hari sebelum pagelaran ini tim PPIF telah melaksanakan tidak kurang dari 3 kali latihan rutin setiap minggunya dibawah bimbingan komandan Heru Herdyo yang notabene adalah pemain paling professional diantara Tim PPIF.

Dan guess what..??

Tim Merah dari PPIF berhasil menyabet juara 1 untuk kategori tim!! Ini berkat konsistensi para pemain dan juga focus untuk mencapai rataan skor pribadi diatas 130/140 per-game sebagaimana instruksi komandan Heru.

Keberhasilan ini dipercantik lagi dengan keberhasilan individu mas Heru yang tampil sebagai The Most Valuable Player (MVP) dengan skor diatas 200 dalam satu game. Info selengkapnya untuk daftar pemenang dapat dilihat pada table dibawah ini berdasarkan pengumuman resmi FOSA. Adapun tim Putih (Putri) PPIF walaupun tidak berhasil menggondol piala, namun sudah memberikan yang terbaik dan telah melampaui target yang dicanangkan.

Rank

Team Name

Total Score

Winner Merah 1110
Runner-up Cambodia 1053
Third Angel 1036
4th FOSA1 1007
5th Laos 949
6th VYSAF 872
7th Comeboshi 789
8th Fukuoka University 778
9th FOSA2 723
10th Kyushu-Ito 712
11th Sub-Saharan Boys 711
12th Putih 694
13th Conkem 670
14th Black Diamond 492

MVP

Heru Indonesia

Sumber: http://fosa.jp/category/sports/bowling-tournament/

penyerahan hadiah

Foto Kiri : Penyerahan Hadiah MVP Award oleh Presiden FOSA kepada Mas Heru

Foto Kanan : Penyerahan hadiah juara 1 FOSA tournament oleh Tim Merah kepada perwakilan panitia ICD sebagai sumbangsing untuk kesuksesan ICD ke-10

Akhir kata, kami mewakili segenap warga PPIF mengucapkan selamat atas keberhasilan yang dicapai oleh Tim Bowling PPIF dan mas Heru, semoga dapat mempertahankan prestasi ini kedepannya dan juga mampu menggairahkan olahraga bowling di kalangan warga untuk mencetak bibit-bibit unggul calon penerus Tim Bowling PPIF.

fosa

Meminjam sebuah frase yang umum:

“Keberhasilan tidak hanya ditentukan oleh keahlian, namun oleh ketekunan dan kerja keras.”

Salam Olahraga !!

Kontributor: Melon

Editor : PH, AN, FM

Foto-foto : Grup Republik Facebook Fukuoka (Foto oleh Ibu Indriyani Nur), Grup Facebook FOSA

One thought on “Indonesia Bisa Juara !!! FOSA Bowling Tournament 2013

  1. Pingback: Pertandingan Bowling Persahabatan antara Indonesia dengan Kamboja | Kabar PPI Fukuoka Japan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s