Foto Bersama di Akhir Acara Pelatihan

Melihat, Merasakan dan Membagi Hidup melalui Fotografi


Fukuoka, 21 April 2013. Penggemar dunia kamera di bumi Fukuoka ini semakin tahun semakin meningkat. Tidak hanya pelajar PPIF saja, para kenshusei di Fukuoka juga menunjukkan bakat terpendamnya, pergantian musim di Jepang yang diwarnai dengan perubahan alam dan perayaan matsuri yang belum tentu terjadi di Indonesia menjadi kesempatan yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Lihat saja di Facebook, foto-foto dengan kualitas dan komposisi yang tidak kalah dengan fotografer-fotografer terkenal berseliweran.

Nah, bagaimana memotret yang baik, bagaimana supaya menghasilkan foto yang tidak biasa, untuk kali ketiganya PPIF mengadakan acara workshop fotografi. Pendalaman materi seputar fotografi ini kembali diadakan mengingat rasa keingin-tahuan, rasa ingin sharing berbagi pengalaman mengambil foto, kembali dibimbing oleh fotografer professional Alfend Elias. Acara ini diadakan Minggu, 21 April 2013 bertempat di Kaikan Kashiihama dan Najima Klinik.

najima

Sesi Workshop di Najima Klinik

Dengan dimoderatori oleh Bung Yunus Amran, acara berlangsung meriah dan lancar, Alfend menjelaskan materi dengan bagus, Tanya jawab pun bergulir bak kacang rebus, tangan-tangan terus-terusan mengangkat berusaha ingin bertanya, Alfend berusaha menjawab sembari menceritakan pengalaman menjadi fotografer di Jepang. Lebih dari 60 peserta dari Fukuoka, Wakamatsu, Saga, Kumamoto, Kurume dan lain sebagainya hadir dalam acara ini, mereka terdiri dari pelajar, kenshusei, ibu rumah tangga, anak-anak dan lain-lain. Acara ini juga dikunjungi oleh Bapak Suhendar Sachoemar yang sedang visiting research di Kyudai, beliau adalah mantan Ketua PPIF tahun 2000.

Selain materi dari Alfend, ada juga materi dari Bung Aris Priyo Susanto mengenai tips foto landscape dan juga Kang Nana Suryana mengenai sport fotografi. Selain itu, ada sesi berbagi pengalaman tentang fotografi oleh Aby, Achong dan Aris Pribadi. “saya bisa menyampaikan expresi melalui foto”, ujar Aby sembari menunjukan foto air dengan bunga momiji. Dia menceritakan bagaimana proses mendapatkan foto yang keren itu. Achong menambahkan,”Foto bagi saya itu sebuah luapan emosi sendiri..”

Ditengah-tengah acara, ada ibu kita kartini Emilia yang keluar dari balik panggung membawa roti tart besar, yak! hari itu adalah hari ulang tahun Bung Alfend.

Selamat Ulang Tahun Alfend..

Selamat Ulang Tahun Bung Alfend..

Acara berlangsung hingga pukul 5 lebih, acara kolaborasi PPIF dan KPIF ini merupakan salah satu batu loncatan untuk kegiatan-kegiatan kedepannya. Acara diakhiri dengan foto bersama. Semoga kedepannya semakin banyak kegiatan yang bermanfaat lagi.

Foto Bersama di Akhir Acara Pelatihan

Foto Bersama di Akhir Acara Pelatihan

*Beberapa testimoni untuk acara ini

“Ini merupakan langkah awal untuk kepengurusan PPIF yang baru yang misinya kebersamaan, persatuan dan kerakyatan, acara ini adalah bentuk implikasi untuk berinteraksi tidak hanya dengan pelajar sendiri tapi lebih luas”, -Hendra Pachri, ketua PPIF-

“acara ini sangat menarik bagi saya, bisa menjalin silaturahmi, biasanya kan pelajar sendiri, kenshusei sendiri, dengan adanya acara ini bisa gabung jadi satu..” –Achong, kenshusei-

“acara ini adalah mencerahkan, banyak sekali pengetahuan yang sebelumnya tidak saya ketahui, bisa sharing dengan teman-teman dan langsung mempraktekkan tips-tips fotografi untuk di beberapa kondisi yang biasanya diminati oleh banyak orang”, –Infall Syafalni, pelajar-

“Sesuai dgn temanya.. Benar2 melihat dan merasakan kebersamaannya…” -Ibu kita Kartini “Emilia”-

Kontributor: Tri Wulaningsih, Alumnus Kyushu University, Dept. of Earth Resources Engineering

Credit Foto: Alfend Elias, AN

Editor: PH, FM, AN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s