Hakata Dontaku 2013 [FOSA – Indonesian Troops]


Nakasu-Kawabata, 3 Mei 2013. Tim Indonesia telah berpartisipasi dalam acara Hakata Dontaku yang diselenggarakan pada tanggal 3 Mei 2013 yang lalu. Dalam acara tahunan yang digelar di sepanjang jalanan kota dari daerah Nakasukawabata sampai Tenjin ini sangat meriah seperti biasanya. Banyak peserta dari berbagai perkumpulan yang ikut meramaikan acara dengan menyiapkan tim untuk turut berpawai di jalanan kota. Tim Indonesia juga tidak kalah meriah dengan warna warni aneka kostum tradisionalnya. Tim Indonesia terdiri atas 40 orang peserta yang terdiri dari orang dewasa dan beberapa orang anak2. Para peserta memakai pakaian adat dari berbagai daerah seperti baju bodo dari Makassar, baju Padang, kebaya, beskap, lurik, baju Khas Buton, batik dan aneka baju daerah lainnya.
5
Keberagaman kostum daerah Indonesia (1)
6
Keberagaman kostum daerah Indonesia (2)
Peserta datang ke tempat yang dijanjikan dengan tertib dan tepat waktu sehingga persiapan dan teknis acara berjalan dengan lancar. Peserta berkumpul sekitar jam 3 sore di Reisen Park kemudian berganti pakaian di International Dormitory hingga jam 3.40 sore kemudian mulai berbaris di Reisen Park. Para peserta kemudian mulai berangkat menyusuri jalan2 kota pada jam 4 sore mulai dari Reisen Park sampai di depan Fukuoka City Hall di Tenjin.
Sebuah kejutan lain juga datang dari bergabungnya beberapa kontingen dari Raj Yamuna School – Bali, yang terdiri dari siswa-siswi SD dan kepala sekolahnya, yang khusus datang ke Fukuoka atas undangan Organisasi Persahabatan Denpasar-Fukuoka. Kontingen ini membawa serta perlengkap[an gamelan bali (Beleganjur) beserta pakaian Barong dan Rangda. Anggota PPIF pun dengan senang hati menerima kontingen bergabung dalam Indonesian troops antara lain ikut membantu berpawain memakai pakaian Barong serta ikut memainkan alat musik gamelan Beleganjur.
1Peserta Indonesian Troops dengan pakaian berbagai daerah (1)
4Peserta Indonesian Troops dengan pakaian berbagai daerah (2)
3PPIF 1, Pak Hendra Pachri pun turut terjun meramaikan pawai
8Pasangan suami-istri muda ini serasa melangsungkan pernikahan ulang di Fukuoka:)
7Kostum Barong dari Bali ikut meramaikan pawain Indonesian troops, dikawal PPIF 2, bung Guruh dibelakangnya
Selama berpawai, para pengunjung yang menonton di pinggiran jalan pun tampak antusias melambaikan tangan pada para peserta yang berpawai. (Para peserta terlihat cukup menikmati pawai tersebut dengan ikut melambaikan tangan kepada para pengunjung yang telah menunggu di pinggiran jalan). Anak2 juga terlihat sangat senang dengan suasana meriah ini dengan terus melambaikan tangan dan melompat2. Pada akhir pawai, peserta berkumpul sejenak di taman didepan Fukuoka City Hall di Tenjin sekitar 15 menit untuk mengambil beberapa foto bersama tim. Setelah itu peserta bebas berpencar untuk menikmati festival makanan yang tersebar di penjuru area Nakasu-Kawabata.
2Foto bersama di akhir pawai

damar1

Damar Rastri Adhika (Divisi Seni Budaya PPIF)

Editorial Board: PH, AN, FM

Credit Photo: Mustaid Yusuf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s