[KABAR] Pendaftaran BSOB


Setelah belum lama ini posting tentang asal usul BSOB dimuat di blog ini, kabar terbaru dari Tim BSOB menghampiri dan sudah sewajarnya PPIF menyalurkan informasi yang bermanfaat ini.

Repost dari email yang dikirimkan penguurus BSOB (bsob.ppif@gmail.com) ke milis ppifukuoka@yahoogroups.com pada 13 Juni 2013 , 15:09 Waktu Fukuoka.

Selamat Pagi,

Apa kabar warga PPIF semua? Kami dari pengurus BSOB ingin meminta bantuan kepada warga PPIF semuanya dalam program pemerataan beasiswa yang ingin dicapai BSOB tahun ini. Mungkin beberapa anggota dari anggota PPIF masih asing dengan kata BSOB. BSOB adalah singkatan dari Badan Semi Otonomi Beasiswa yang merupakan bagian dari organisasi PPIF (Persatuan Pelajar Indonesia Fukuoka). Ide dan konsep yang ada dalam badan ini lahir sejak tahun 2002 dan diresmikan sebagai bagian dari kegiatan PPIF sejak bulan Mei tahun 2002. Dan dalam pelaksanaannya, BSOB bekerja sama dengan organisasi Jepang yang peduli pada pendidikan anak-anak di Indonesia. Maka dari itu, kami menawarkan bagi siapa saja yang ingin mengajukan beasiswa untuk anak-anak di Indonesia atau mempunyai koneksi untuk menyalurkan beasiswa tersebut bisa langsung menghubungi kami di email bsob@ppi-fukuoka.org.

Adapun tujuan dari BSOB itu sendiri yaitu memfasilitasi program beasiswa untuk pelajar kurang mampu di Indonesia yang berkeinginan untuk menyelesaikan pendidikan dasar (SD dan SMP). Jumlah siswa yang mendapatkan beasiswa dari BSOB kurang lebih 100 hingga 200 orang tiap tahunnya. Dan sampai pada tahun 2012 kemarin, BSOB telah berhasil menyalurkan dana beasiswa yang terkumpul selama ini pada 1.364 siswa yang membutuhkan. Besar beasiswa yang disalurkan oleh BSOB untuk siswa SD sebesar Rp. 280.000,- / anak dan untuk siswa SMP sebesar Rp. 400.000,- / anak.

Hingga saat ini wilayah penyaluran beasiswa dari BSOB masih didominasi di wilayah pulau Jawa karena keterbatasan jaringan. Oleh karena itu, demi mencapai pemerataan yang mencakup daerah lainnya, BSOB meminta bantuan kepada warga PPIF yang membantu siswa SD atau SMP di derah asalnya yang mengalami kesulitan ekonomi khususnya untuk menyelesaikan pendidikan sekolah dasar dan menengah pertama.

Pendaftaran mulai dibuka pada tanggal 13 Juni 2013 sampai 19 Juli 2013. Adapun syarat yang kami ajukan adalah sebagai berikut :

1.      Siswa tidak mampu

2.      Memiliki kemauan belajar

3.      Menyertakan foto kopi rapor semester sebelumnya (tidak boleh ada nilai merah)

4.      Bagi siswa yang menerima beasiswa periode sebelumnya, harus sudah menyelesaikan laporan penerimaan beasiswa.

Semoga dengan bantuan warga PPIF, penyaluran beasiswa dapat terlaksana dengan merata. Terima kasih atas bantuannya, dan kami menunggu kabar dari warga PPIF.

Salam BSOB,
Atifa Sholikha (Koordinator)
Irma Nur Afiah Raona (Sekretaris)
Aurelia Karina Hillary (Bendahara)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s