[Mengenal Jepang – Bagian 1] Keadaan Geografis


Fukuoka. 7 November 2013. Rekan-rekan pembaca dan pejuang PPIF sekalian, baik yang sudah lama tinggal di Fukuoka atau yang baru saja datang  kurang lebih satu bulan yang lalu, ada pertanyan menarik yang perlu kita jawab. Apakah sudah banyak mempelajari tentang Jepang? pastinya sudah, ya.. untuk rekan pejuang PPIF yang baru datang, supaya lebih mengenal tentang Jepang, berikut ini coba disajikan ulasan singkat pengenalan jepang.

Geografis

Screen Shot 2013-11-10 at 1.44.59 AM

Jepang terletak di bagian timur laut pesisir Benua Asia. Jepang adalah negara kepulauan yang memanjang sepanjang 3000 km. Pulau-pulau utama yang ada di Jepang ada lima, yaitu Hokkaido, Honshu, Shikoku, Kyushu, dan Okinawa. Selain itu, ada lebih dari 6800 pulau kecil yang tersebar. Luas wilayah Jepang sekitar 380,000 km2. 3/4 bagian dari luas daratannya adalah pegunungan dan ada lebih dari 200 gunung berapi di Jepang. Ada lebih dari 40 gunung berapi yang masih aktif. Gunung berapi yang terkenal adalah Gunung Fuji yang pernah meletus pada tahun 1707.

Jepang mempunyai 4 musim, yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Selain itu, sebagai ciri dari iklim di Jepang, yaitu adanya musim hujan dan angin topan. Musim hujan biasanya datang pada sekitar bulan Juni dan Juli. Tetapi, di Okinawa musim hujan dimulai dari bulan Mei dan di Hokkaido hampir tidak ada musim hujan. Angin topan sering datang di antara bulan Juli dan September. Angin topan terjadi karena adanya tropical depression yang terjadi di daerah selatan Jepang yang bergerak menuju arah barat laut Samudera Pasifik. Dari data 30 tahun belakangan (1971~2000), rata-rata angin topan datang 27 kali dalam satu tahun. Dari jumlah itu, 11 angin topan datang mendekat sampai radius 300 km dari kepulauan Jepang dan 3 angin topan di antaranya mencapai daratan. Angin topan yang mencapai daratan membawa hujan besar dan sering kali mengakibatkan banyak kerusakan. Namun, berkat ini Jepang hampir tidak pernah mengalami kekurangan air.

Pembagian Wilayah

Secara garis besar, Jepang terbagi menjadi 9 daerah wilayah. Dari utara dapat disebutkan yaitu Hokkaido, Tohoku, Kanto, Chubu, Kinki, Chugoku, Shikoku, Kyushu, dan Okinawa. Penduduk Jepang ada sekitar 127.6 juta jiwa. Empat puluh persen di antaranya tinggal di daerah wilayah Kanto, Chubu, dan Kinki.

Daerah Pemerintahan

Apabila disebutkan secara daerah pemerintahan, Jepang terbagi menjadi 1 To, 1 Dou, 2 Fu, dan 43 Ken (dalam Bahasa Inggris, semua nama pembagian ini disebut sebagai prefecture). Apabila disebutkan dengan penyebutan yang kita sering dengar, yaitu Tokyo-To, Hokkai-Dou (atau biasa disebut Hokkaido), Osaka-Fu, Kyoto-Fu, dan 43 Ken (misal: Fukuoka-Ken, Chiba-Ken, Okinawa-Ken, dll). Dari kesemuanya itu, terdapat 17 cabinet-order designated city. Ke-17 kota ini memiliki autoritas yang hampir sama seperti prefektur. Kota-kota tersebut adalah, Sapporo-Shi di Hokkaido, Sendai-Shi di Miyagi-Ken, Niigata-Shi di Niigata-Ken, Chiba-Shi di Chiba-Ken, Saitama-Shi di Saitama-Ken, Yokohama-Shi dan Kawasaki-Shi di Kanagawa-Ken, Shizuoka-Shi dan Hamamatsu-Shi di Shizuoka-Ken, Nagoya-Shi di Aichi-Ken, Osaka-Shi dan Sakai-Shi di Osaka-Fu, Kyoto-Shi di Kyoto-Fu, Kobe-Shi di Hyogo-Ken, Hiroshima-Shi di Hiroshima-Ken, dan Fukuoka-Shi dan Kitakyushu-Shi di Fukuoka-Ken.

Sekian dulu perkenalan tentang Jepang untuk kesempatan kali ini. Semoga kesempatan selanjutnya bisa disambung dengan cerita mengenai keadaan Jepang yang lain, mulai dari penurunan jumlah penduduk Jepang, sampai cerita dibalik Ultraman dan Kamen-Rider. お楽しみに!

**
Referensi:
1. 学部留学生のための日本事情 I (2007 年度式用版) 大阪外国語大学日本語日本文化教育センター
2. Publik data dari Google

Kontributor:

lupi1

Lutfiana Sari Ariestin (Bendahara Umum PPIF 2013-2014)

Editorial Board: PH, AN, FM

Credit Photo: Lutfiana Sari Ariestin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s