2013-11-23 13.54.26

Barbecue party PPI Fukuoka, kesan pertama begitu mengoda, selanjutnya kapan lagi ya ?


Fukuoka, 23 November 2013. Kita sering menyantap sate di Indonesia, yang sangat nikmat disantap beramai-ramai terutama pada saat kondangan. Sedangkan di Jepang, sangat sulit kita menemukan penjual sate kaki lima atau pun keliling. Rupanya kita harus menyiapkan sendiri “sate” dalam wujud barbecue. Kuliner yang cukup menantang ini menjadi sarana momentum oleh anggota PPI Fukuoka untuk mempererat kekeluargaan, mengisi waktu luang, dan mengisi perut pastinya.

Sabtu pagi tanggal 23 November 2013 terjadilah barbecue party di Asrama Universitas Kyushu yang berlokasi di Ito. Acara ini direncanakan untuk mulai pada pukul 10.00, tetapi karena terlalu pagi jadi kami memutuskan untuk memulai sekitar pukul 12.00. Terima kasih banyak kepada tuan rumah Asrama Ito dan seluruh pihak terkait yang sudah menyiapkan segalanya. Kebetulan pada hari yang sama diadakan pula acara Kyudaisai (Kyushu University Festival) di Kampus Ito. Jadi hari ini kami mendayung melampaui tiga pulau: Kyudaisai, barbecue party, dan futsal.

2013-11-23 13.04.38

Menu barbecue kali ini: panggangan daging sapi, daging kambing, sosis ayam, sambal kecap, sambal kacang, dan saraba. Di tengah udara yang tercatat 13oC, kegiatan panggang-memanggang menjadi pilihan yang sangat tepat. Padahal peserta hanya bertugas memanggang dan “membersihkan”, tidak termasuk memotong daging dan menyiapkan bumbu. Namun yang namanya barbecue memang sangat seru. Mulai dari menata tungku, membarakan arang, dan memasak daging. Ternyata untuk membarakan arang dan memasak daging dibutuhkan teknik yang pas. Dalam membarakan arang kita harus meratakan api terlebih dahulu. Bagi saya ini sangat sulit mengingat ukuran arang di sini besar-besar, sekitar 5 – 8 kali lebih besar daripada arang yang sering saya temui di Indonesia sehingga lebih sulit terbakar. Padahal sudah digunakan juga promotor seperti minyak (biasanya berbentuk gel warna merah jambu) atau lemak binatang, kita harus mengipas dengan kencang dan lama untuk menghasilkan bara yang sesuai harapan.

2013-11-23 13.54.02

Sementara kami menyiapkan panggangan di dekat parkiran sepeda, bapak-bapak bermain tenis meja di dalam ruangan asrama. Setelah sekitar 20 menit, akhirnya kami berhasil mendapatkan arang yang itu. Saat inilah yang paling seru, semua orang berkumpul dan turut serta memanggang sambil bercengkrama. Tentunya sambil sesekali mengangkat bahan yang suah matang dan layak untuk dimakan. Di sini juga perlu diingat bahwa api jangan sampai menjilat daging yang dipanggang terlalu lama karena akan mengakibatkan kematangan terlalu tinggi alias hangus. Lebih baik jika bara tanpa api, karena tingkat kematangan akan lebih merata. Tadi daging yang saya panggang cukup banyak juga yang hangus. ☺ Dari sini saya baru tahu salah satu hikmah dari penggunaan sujen alias tusukan sate adalah untuk mempermudah membolak-balik agar daging tidak hangus.

Pada saat yang sama ibu-ibu menyiapkan saraba di pojok ruang ping-pong. Saraba adalah minuman hangat dari Makassar yang berisi santan, jahe, pala, lada, cengkeh, kayu manis, gula merah, dan garam pastinya. Juga disediakan telur bagi yang ingin merasakan versi spesial. Minuman ini sangat mantap. Apalagi saat dingin seperti ini, perpaduan barbecue dan saraba membuat saya berasa di khatulistiwa.

Kesimpulan yang bisa ditarik dari penjelasan di atas adalah acara ini sangat seru dan baik untuk kesehatan. Jadi saya menyarankan agar acara serupa lebih sering diadakan. Lebih baik lagi kalau proses pemotongan daging, pembuatan bumbu dan sambal dilakukan bersama, pasti lebih heboh dan menghasilkan kepuasan batin yang lebih tinggi. ☺☺

Kontributor:

Screen Shot 2013-11-24 at 0.01.51

Rizki Fitria Darmayanti
Microbial Technology Laboratory
Dept. Bioscience and Biotechnology, Kyushu University.

Tim Editor: AN, PH, FM
Photo : AN

`

One thought on “Barbecue party PPI Fukuoka, kesan pertama begitu mengoda, selanjutnya kapan lagi ya ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s