Pertandingan Sepakbola persahabatan PPI Fukuoka, tim Senior menjajal tim U-19


Fukuoka, 23 November 2013. Beberapa hari ini udara di Jepang sepertinya mulai sedikit tidak bersahabat bagi sebagian pendatang, terutama yang berasal dari daerah tropis sepertihalnya Indonesia. Namun sepertinya udara dan angin dingin yang sering berhembus akhir-akhir ini tidak menyurutkan langkah dan semangat pemuda separuh baya ini untuk sekedar berlari-lari bersama bermain sepak bola. Semangat ini sepertinya diperkuat oleh efek daging sapi, kambing dan minuman bandrek campur kuning telur yang dikonsumsi pada pesta BBQ di kampus Ito hari ini (Sabtu, 23 November 2013).

Pertandingan bola hari ini yang dilaksanakan di lapangan bola sintetis kampus Ito bisa disebut juga sebagai pertandingan persahabatan timnas sepak bola Kyudai, karena memang lawannya adalah sahabat, teman, dan saudara sendiri yang seperjuangan tapi beda nasibnya (baca:lab, tingkatannya, tunjangan hidup, dan statusnya.he2). Jadi sepertinya judul yang tepat untuk pertandingan ini memang pertandingan persahabatan. Karena pertandingan ini bertujuan untuk sekedar bersenang-senang saja, maka tanpa ada ceremonial peluit panjang dan toast coin layaknya pertandingan sepakbola pada umumnya para pemain sudah langsung melakukan kick off tanda permainan sudah dimulai.

bola2

Tidak ada ciri-ciri khusus dari masing-masing tim, semuanya (tua-muda, besar-kecil, bapak-bapak-dan bujangan) menjadi satu. Hanya saja supaya lebih mudah membedakan siapa lawan dan kawan dalam pertandingan maka tim U (Upper)-19 kali ini dibagi menjadi tim merah dan hijau. Semua pemain langsung bergerak menempati bagian dan tugasnya masing-masing sesuai dengan bakat, minat, kemampuan dan kadar keimanannya masing-masing, sepertihalnya kiper, sayap, gelandang (bukan gelandangan lho), penyerang, dan pemain tengah. Suasana seru diiringi dengan beragam teriakan-teriakan liar dari pemain di masing-masing kubu menjadikan nuansa pertandingan menjadi semakin memanas. Terlihat jelas bahwa para pemain begitu lincah memainkan dan kadang dipermainkan oleh bola. Gocekan, umpan lambung, sundulan dan semua teknik yang dimiliki oleh masing-masing pemain coba dikeluarkan untuk saling menekan pihak lawan.

Suasana semakin menjelang sore, dan udara juga semakin bertambah dingin, tapi pertandingan bola semakin memanas. Kali ini tim merah terus mendapatkan tekanan dari penyerang tim hijau, tampak bahwa pemain belakang dan kiper tim merah (farid) semakin tertekan menghalau gempuran dari penyerang tim hijau, walaupun akhirnya 2 (dua) kali penjaga gawang tim merah harus rela memungut bola dari gawang yang disarangkan oleh pak andi,salah satu penyerang dari tim hijau. Kedudukan sementara unggul 2-0 untuk tim hijau. Seperti tidak kenal kata lelah dan meyerah, tim merah terus berusaha menyeimbangkan dan membalik kedudukan dengan melakukan berbagai macam serangan ke gawang tim hijau yang dijaga ketat dan disiplin oleh pak kurniawan dan kawan-kawan. Berkali-kali kiper tim hijau (pak hendra) harus jatuh bangun menghalau bola agar tidak bersarang ke dalam gawang. Namun sepertinya takdir memang kejam, sampai akhir pertandingan tim merah masih belum bisa menyamakan kedudukan. Skor berakhir 2-0 dimenangkan oleh tim hijau.

bola

Pertandingan ini diakhiri dengan damai tanpa ada aksi tawuran dari masing-masing pendukung (karena memang tidak ada yang menjadi penonton.he2). Semuanya merasa senang dan puas melakukan pertandingan persahabatan ini, walaupun bisa jadi rasa pegal-pegal di persendian baru akan dirasakan keesokan harinya setelah bangun tidur. Sebelum kembali pulang maka semua pemain berfoto bersama sebagai kenang-kenangan berharga bersama sahabat. Semoga pertandingan persahabatan ini akan semakin menguatkan rasa persaudaraan dan persahabatan di antara kita semuanya.

 

Kontributor:

sektiRezky Lasekti Wicaksono
Laboratory of Forest Policy, Kyushu University

Tim Editor: AN, PH, FM
Photo: Acep Taryana (Koleksi di Group Facebook PPIF)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s