ppibersama

Silaturahmi PPI Fukuoka ke Kitakyushu, Penutup Liburan Musim Dingin yang Menyenangkan


Fukuoka, 5 Januari 2013. Bagaimana liburan musim dingin rekan sekalian? Bagi saya, warga baru PPI Fukuoka, liburan musim dingin kali ini menjadi pengalaman pertama yang cukup berkesan. Sebelum memasuki liburan, saya sempat bingung, kira-kira apa ya yang harus saya lakukan untuk membuat liburan kali ini berkesan. Tenjin, Hakata, Nishijin, dan Oita sudah termasuk dalam daftar tempat yang akan dikunjungi, kemudian sepintas saya membaca postingan dari grup PPI Fukuoka yang memberitakan tentang undangan silaturahmi ke KitaKyushu, tanpa berpikir panjang, saya langsung mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan ini yang menjadi penutup liburan musim dingin yang penuh dengan agenda menarik seperti makan siang dan olahraga bersama. Mau tahu bagaimana kegiatannya?

SABTU, 4 Januari 2014. Tibalah hari yang ditunggu, yaitu acara silaturahmi PPI Fukuoka ke KitaKyushu. Perjalanan kami diawali dengan berkumpul di Friendshop Shirohama Danchi, tempat belanja keluarga yang biasa digunakan sebagai tempat bertemu, pada jam 10 pagi. Kami berangkat ke KitaKyushu dengan jumlah rombongan yang cukup banyak. Setelah melalui perjalanan selama kurang lebih satu jam, akhirnya kami tiba di KitaKyushu. Kami langsung menuju ke KitaKyushu University International House.

Saya sangat terkesan melihat bangunan kampus yang modern, bersih, dan yang membuat saya kaget karena ternyata terdapat universitas lain yang bersebelahan yaitu Waseda University. Warga PPI di KitaKyushu menyambut kedatangan kami dengan hangat, acara dibuka oleh perwakilan teman-teman KitaKyushu yaitu Pak Doni Kurniawan dan perwakilan warga PPI Fukuoka, Pak Hendra Pachri. Acara makan siang ini dihadiri oleh Professor Bart asal Belgia yang sudah berdomisili selama 20 tahun di Jepang, beliau adalah guru besar di Architectural Department KitaKyushu University yang menjadi penanggungjawab sehingga acara silaturahmi ke KitaKyushu ini dapat terlaksana. Selain itu, acara ini juga dimeriahkan oleh teman-teman dari Iizuka.

Sebelum masuk ke agenda utama yaitu makan siang, kami saling berkenalan dengan menyampaikan nama, asal daerah dan jurusan masing-masing. Perkenalan ini menjadi menarik karena tanpa diketahui sebelumnya, banyak di antara kami yang berasal dari daerah yang sama. Hal yang saya selalu tunggu dari acara makan siang orang Indonesia karena dapat menikmati ayam dan daging sapi secara halal dan tentunya selera nusantara🙂. Menu makanan siang kali ini sangat variatif sehingga saya menjadi bingung harus memulai dari mana, sate ayam, kari ayam dengan berbagai rasa, sup ayam, perkedel kentang, sushi, kue brownies, dan yang tidak kalah menariknya yaitu ES BUAH. Alhasil saya tidak berhasil mencicipi semua menu tetapi perasaan sangat bahagia karena dapat mengobati kerinduan akan masakan nusantara. Setelah perut sudah kenyang, kami shalat dhuhur bersama yang dilanjutkan dengan membersihkan aula dan persiapan menuju lapangan futsal. Tidak lupa kami berfoto bersama dengan warga PPI di KitaKyushu dan Prof Bart di aula KitaKyushu University International House.

1601183_727338947277927_1507516576_n

Foto bersama

Tepat pukul 14.00 Waktu KitaKyushu, kami berjalan kurang lebih 5 menit menuju lapangan futsal. Cuacanya cerah dan suhu di atas 10 derajat celcius, sangat mendukung untuk bermain futsal. Pertandingan futsal kali ini antara tim Fukuoka (Tim Orange) melawan tim KitaKyushu yang bergabung dengan Iizuka (Tim Hijau). Tim Hijau juga beranggotakan satu orang Jepang yang bernama Abe-san. Pertandingan berlangsung selama 2 jam yang dibagi 4 babak. Pertandingan menjadi sangat seru sewaktu babak kedua dimana banyak gol yang diciptakan oleh tim Orange kemudian dibalas oleh Tim Hijau yang cukup banyak menciptakan gol di babak ketiga. Pertandingan kali ini juga dimeriahkan oleh ibu-ibu dan anak-anaknya yang dengan setia menonton dan memotret suaminya yang sedang bermain.

Setelah bermain futsal selama 2 jam, masih ada lagi satu agenda terakhir yang tidak kalah seru yaitu pertandingan badminton dan tenis meja. Pertandingan badminton dan tenis meja dilaksanakan di gedung olahraga KitaKyushu University selama 2 jam.

bolas

Serunya pertandingan futsal

Pertandingan badminton dibagi dalam 3 grup dan tenis meja dalam 2 grup. Terlihat wajah yang berseri-seri dari teman-teman karena dapat terlepas dari beban pekerjaan laboratorium dan menikmati kembali olahraga favorit rakyat Indonesia.

badminton

Pertandingan badminton

Mendekati pukul 18.00, kami menghentikan semua pertandingan dan dilanjutkan dengan membersihkan aula gedung olahraga. Yang membuat saya terkesan karena Prof Bart setia mengikuti kegiatan kami sampai akhir. Sebelum pulang, tidak lupa tentunya kami mengucapkan terima kasih kepada teman-teman KitaKyushu dan Prof Bart atas jamuannya yang luar biasa dan seperti biasa berfoto bersama sebagai kenangan Liburan Musim Dingin di KitaKyushu.

1520743_727339003944588_191289950_n

Foto bersama seusai acara pertandingan badminton

Tepat pukul 18.15 Waktu KitaKyushu, kami meninggalkan KitaKyushu dan pulang menuju kota tercinta Fukuoka. Oleh karena perut terasa lapar kembali setelah membakar kalori dengan berolahraga dan ditambah dengan suhu malam yang dingin (8 celcius), maka kami rombongan PPI Fukuoka menyempatkan singgah makan malam di warung udon. Udon is the best (untuk saat itu hehehe). Makan malam bersama menjadi penutup kegiatan silaturahmi PPI Fukuoka ke KitaKyushu dan juga menjadi penutup liburan musim dingin saya yang tinggal sehari.

Alhamdulillah seminggu liburan musim dingin pertama di Jepang cukup berkesan. Berharap tahun depan ada lagi undangan dari teman-teman PPI dari berbagai kota di Kyushu ataupun bahkan di luar Kyushu.
Salam hangat untuk rekan-rekan PPI Fukuoka sekalian, PPIF is the best, sampai ketemu di kegiatan PPIF selanjutnya.

Kontributor:

wanaNirwana Fitriani Walenna, M.D
Research Student di Bacteriology Department
Graduate School of Medical Sciences, Kyushu University

Editorial Board: PH, AN, FM
Credit Foto: Imam Sutrisno (PPIF KitaKyushu), Nirwana Fitirani Walenna (PPI Fukuoka).

2 thoughts on “Silaturahmi PPI Fukuoka ke Kitakyushu, Penutup Liburan Musim Dingin yang Menyenangkan

  1. Salam. Hallo PPI Fukuoka Japan. Perkenalkan saya Rana. Saya mahasiswa Sastra Jepang Universitas Padjadjaran.

    Saya mau bertanya, adakah peluang untuk pergi atau mengunjungi Jepang, khususnya Fukuoka dari teman-teman PPI Fukuoka Japan? atau bergabung dengan PPI Fukuoka Japan?

    Saya ingin sekali mengunjungi Jepang, terutama Fukuoka. Alasan utama saya adalah, saya ingin melihat Masjid yang dibangun di Fukuoka dan bertemu muslim yang ada disana, yang sebelumnya saya temukan berorganisasi dengan nama KUMSA. selanjutnya, saya ingin melihat laut Fukuoka yang dipamerkan di beberapa film jepang, dan selanjutnya saya menemukan PPI di Fukuoka dan ditambah lagi dengan bertemunya teman di Jepang Jurusan Linguistik Antropologi di Universitas Fukuoka.

    Mohon maaf atas banyaknya cerita saya, setidaknya saya sedang berusaha untuk mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat yang ingin saya kunjungi. Terima Kasih. Salam. Mohon responnya. ~Ran^Shinichi~ ..Jya Mata..

    • Salam juga Rana. Sy Lutfi, sekarang sedang belajar di Kyushu Univ. master tahun ke-2.

      >peluang mengunjungi jepang, khususnya Fukuoka
      kenapa tidak ada? tentu saja ada🙂

      >peluang bergabung dengan PPI Fukuoka
      pada dasarnya yang menjadi anggota dari PPI Fukuoka adalah pelajar Indonesia yang kuliah (setau sy bukan yg masih SMA atau di bawahnya) di universitas apapun yang ada di daerah prefektur Fukuoka

      >tentang organisasi KUMSA
      seperti di univ. di Indonesia, di Kyushu University (tdk hanya univ ini, Fukuoka Univ pun, univ yang lain pun) mempunyai unit kegiatan mahasiswa. KUMSA adalah salah satu unit kegiatan mahasiswa di Kyushu Univ. Anggotanya tidak hanya orang Indonesia, tapi juga banyak mahasiswa muslim di sini.

      >teman Rana yang dari Unpad
      mungkin namanya Arlin? Kalo Arlin, kami kenal.. beberapa kali pernah ketemu waktu kegiatan PPIF di sini.

      Semoga membantu menjawab pertanyaannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s