family_route_small

Wisata Keluarga PPIF dan Musfuk: Menikmati Pengalaman Ski di Resor Terbesar di Kyushu


Fukuoka, 13 Januari 2014. Kalau di musim haru (semi), biasanya orang jepang berhanami ria sambil menikmati bunga sakura, kemudian di musim panas, biasanya mereka berBBQ dilanjut dengan menyaksikan hanabi atau kembang api, sedangkan di musim gugur, daun-daun yang berwarna memerah atau momiji jadi pemandangan indah di musim itu…bagaimana dengan musim dingin? apakah hanya menikmati hawa musim dingin saja, atau menghangatkan diri di bawah kotatsu?….Tentu Tidak… Cocoknya adalah pergi main ski di atas putihnya salju!!!

Main ski sudah menjadi hal yang biasa, kalau di daerah Jepang utara, yang salju bisa menumpuk seperti di serial drama oshin. Karena kita tinggal di Fukuoka, berapa kali dalam satu musim salju turun saja bisa dihitung jari. Di pulau Kyushu memang ada dua resort ski yang bisa dikunjungi, tapi bagi mereka yang tak punya kendaraan pribadi untuk ke sana, maka harus menyewa untuk dapat menikmati arena bermain salju dan ber ski.

Pada kesempatan ini, PPI Fukuoka dan Musfuk (Muslim Fukuoka) mewujudkan mimpi kita pergi bermain ski. Hanya dengan 2100 yen untuk transportasi, harga yang terjangkau untuk kami agar bisa berangkat untuk bermain ski. Acara ini dilaksanakan pada hari Senin, 13 Januari 2014, bertepatan dengan libur 成人の日 atau hari kedewasaan, dengan dikomandani Pak Hendra Pachri dan Pak M. Deni Akbar. Sekitar 80an orang Indonesia berpartisipasi dalam acara ini, bertamasya ke area ski, Kokonoe shinrin Koen ski resort atau yang lebih dikenal dengan nama Kujyu Ski Resort(九重スキー場), yang merupakan area ski terbesar di pulau Kyushu yang terletak di kota Oita.

Rombongan dibagi menjadi dua bus, bus pertama mengangkut rombongan dari Ito Campus dan sekitarnya yang berangkat dari pukul 8:00 plus beberapa rombongan dari Hakozaki yang berkumpul di Kashiihama Ryugakusei Kaikan.  Bus kedua mengangkut warga indonesia yang bermukim di area Shirohama dan Kashiihama. Kedua bus serempak bergerak meninggalkan kaikan pada pukul 8:45, sedikit terlambat dari jadwal semula yaitu 8:30. Semoga kedepannya bisa semakin on-time sesuai jadwal.

Perjalanan menuju lokasi memakan waktu sekitar 2 jam lebih sedikit. sekitar pukul 11:30, rombongan tiba di pelataran parkir resort ski. beberapa orang tampak sudah siap dengan baju ski berikut perlengkapan untuk ski atau snowboard. beberapa lagi ada juga yang membawa papan luncur untuk anak-anak bermain di area bersalju.

Sebelum masuk ke area ski, pastinya pengunjung harus membayar admission ticket, 3500 yen untuk masuk ke area ski atau 4500 yen untuk tiket masuk + tiket naik lift untuk menuju ke puncak. Harga ini belum termasuk harga sewa papan ski atau snowboard berikut pakaian dan atributnya. Setidaknya 1 orang perlu mengeluarkan uang 4000 yen untuk sewa papan ski, boots dan stocks-nya atau 3000 yen untuk snowboard dan boots-nya.

*kalau sewa papan ski atau snowboard saja bisa?

Tentu saja bisa, tapi harus punya boots-nya juga, karena ternyata ada boots khusus yang harus dipakai untuk main ski atau snowboard. Beberapa orang ada yang sengaja membawa perlengkapan main ski/snowboard sendiri, karena harga sewa di dalam ski resort biasanya lebih mahal. papan ski atau snowboard ini bisa diperoleh di beberapa toko second hand dengan harga yang relatif murah (sekitar 1050 yen di ACB), sepatunya juga dijual dengan harga yang lebih murah daripada sewa. jadi mungkin teman-teman yang berencana main ski lagi di lain hari, membeli perlengkapan ski adalah option yang amat disarankan.

Sampai di dalam area ski, kita dibebaskan untuk main salju (Ski/Snowboard) sepuasnya sampai pukul 15:45. ada beberapa yang memilih bermain ski dengan anaknya, ada juga yang bermain salju dan papan luncur dengan anak-anak di area kid square, ada juga yang nekat bermain snowboard. Sebenarnya ada di resort ditawarkan kelas khusus belajar ski atau snowboard selama 1 jam, tapi rasanya uangnya lebih enak dipakai buat lainnya.

RUte

Pilihan rute yang bisa dipilih

Bagi yang memilih bermain ski atau snowboard, di sinilah kemudian tiket norihodai lift difungsikan. rasanya sayang memang kalau hanya bermain ski atau snowboard di area lesson course yang slope maksimalnya hanya 10 derajat dan jaraknya hanya 400 meter. Sebenarnya bisa sih naik ke puncak tanpa perlu naik lift, tapi pasti malas sekali buat naik ke puncak tanpa lift, apalagi mesti menggotong papan ski atau snowboard ke atas.

Nah, di kuju resort ini ada tiga lift yang mengangkut para pemain ski atau snowboard, baik yang profesional ataupun yang amatiran . Tentunya ada syarat khusus untuk naik lift: pertama harus punya tiket naik lift-nya, baik yang cuma sekali pakai (seharga 500 yen) atau tiket terusan yang dibeli di awal saat masuk, kedua, tentu saja papan ski atau snowboard harus sudah dipasang di kaki.

Lift yang mengangkut penumpang

Lift yang mengangkut penumpang

Lift pertama mengangkut ke area family course yang maximal slope-nya adalah 12 derajat dengan sliding distance-nya sekitar 700 meter. di lift pertama ini, kita bisa menyaksikan pemandangan orang-orang yang sedang meluncur di sisi kiri, atau pohon-pohon yang tertutup salju (meskipun sedikit) di sisi kanan. nah setelah sampai di puncak family course, kita bisa meluncur ke bawah. karena ini course paling mudah, setidaknya dua atau tiga kali itu sangat perlu untuk membiasakan diri meluncur dengan kaki terikat di board dari area family course ini, kita kemudian bisa memilih apakah kita mau naik lift 2 atau lift 3.

Family course

Family course

Lift no 2 ini akan membawa kita ke trial dan challenge course area. Trial course ini memiliki slope sekitar 22 derajat dengan jarak 400 meter sampai ke family course, sedangkan chalenge course memiliki slppe maksimum sekitar 25 derajat. buat yang sudah profesional, tentunya jalur ini amat sangat menantang. tapi tentunya dibutuhkan advanced skill dalam meluncur.

Lift nomor 3 ini membawa pemain ski ke puncak dari panorama course yang memiliki slope maksimal 22 derajat dengan jarak luncur adalah 600 meter sampai ke family course. untuk mencoba course ini, tidak haruslah memiliki advance skil dalam meluncur. asal anda berani tantangan, tidak takut jatuh dalam meluncur, tak ada salahnya mencoba rute ini. bahkan ada salah satu dari teman kita yang bisa dibilang kemampuannya masih “below beginner” berani mencoba dua kali naik ke panorama course dan meluncur ke bawah, meskipun beberapa kali jatuh baik ke depan, kebelakang, ataupun terguling-guling. keren kan? ya, waktu jatuh memang awalnya sakit, dakedo, karena salju itu kelihatannya seperti kapas, mau jatuh berapa kalipun, rasanya ya seperti jatuh di atas kapas… rasa sakitnya cepat hilang entah ke mana…

panorama_route

Rombongan anak muda di puncak panorama course, ikutan nampang bersama Naruto

Oh ya, panorama course ini adalah rute yang sangat direkomendasikan di kuju resort, karena dari puncak kita bisa menikmati pemandangan sekeliling yang putih diselimuti salju yang subhanallah… superb indahnya

Setelah sekitar 3-4 jam memuas-muaskan diri bermain dengan salju yang sangat jarang ditemui di fukuoka, sekitar jam 15:45 kami harus berkumpul kembali untuk pulang. rasanya kurang banget bermain salju hanya 3-4 jam.

Rombongan bapak-bapak yang mengawasi keluarganya bermain salju

Rombongan bapak-bapak yang mengawasi keluarganya bermain salju

Zannen…padahal maunya seharian bermain di sana. Selama perjalanan pulang, suasana bis agak sunyi senyap. Meskipun beberapa kali ada juga makanan yang datang dari depan ke belakang. sebagian besar ada yang memanfaatkan untuk tidur karena capek seharian, atau rasa sakit akibat jatuh ketika (nekat) main snowboard baru terasa ketika di Bus. Pukul 18:30-an, rombongan dari dua bis tiba dengan selamat di kaikan.

お疲れ様です。
スキー。。。大変だけど、凄く楽しかったです。
また、今度スキーに行きたい。。。
otsukaresamadesu.
main ski itu, taihen tapi menyenangkan…
jadi kepengen main ski lagi…

Kontributor:
Butiran Debu 

Tim Editor: PH, AN, FM
Credit Photo: M.Yunus Amran (dari group RFF )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s