3

Laga Persahabatan Bulutangkis dan Silaturahmi Dengan PPI Saga


Saga, 23 Februari 2014. Dalam rangka menyambut kompetisi badminton “FUMIKU CUP 2014”, tim Fukuoka mengadakan laga persahabatan dengan PPI Saga yang berlangsung pada hari Minggu 23 Februari 2014 bertempat di area gymnasium Saga. Selain laga persahabatan, kegiatan ini juga sebagai sarana silahturahmi dan diskusi untuk memperkuat hubungan antara kedua wilayah. Tim Fukuoka yang terdiri dari 12 orang yaitu Pak Hendra, Pak Irwan, Pak Jito, Pak Pur, Pak Arif C, Pak Yunus, Pak Didit, Pak Infal, Mas Arul, Mas Luki, Mas Iping, dan Arif Budiyanto berangkat dengan menggunakan 2 mobil berangkat pukul 10.30 dari Susenji. Rute yang diambil yaitu melalui jalur Magaribuchi dimana jalur ini menyuguhkan pemandangan bukit yang berkelok dan dapat memangkas waktu dibandingkan dengan jalur expressway.

Setelah melakukan perjalanan sekitar 45 menit tim Fukuoka memutuskan untuk beristirahat sejenak dan melakukan wisata kuliner di tahu ‘Machan’.  Tahu ‘Machan’ merupakan kedai tradisonal dan sudah terkenal di masyarakat sekitar, hal ini ditandai dengan ramainya pengunjung yang memadati tempat peristirahatan ini. Selain menyajikan suanana tradisional, tempat ini juga menyajikan menu lain seperti udon dan takoyaki.

RUte

Wisata kuliner tahu ‘Machan’

Setelah puas dengan menu andalan tahu ‘Machan’ tim Fukuoka kembali melanjutkan perjalanan ke Saga. Sekitar 45 menit kemudian akhirnya tim tiba di Gymnasium kota Saga. Setibanya di area ini tim sudah disambut oleh PPI Saga dan langsung melakaukan sholat berjamaah. Setelah selesai sholat kemudian dilakukan pembagian tim dan akhirnya didapatkan 6 tim dari Saga dan 6 tim dari Fukuoka. Sebagai informasi jumlah anggota PPI Saga tidak sebesar Fukuoka, oleh karena itu PPI Saga juga berperan sebagai kordinator mahasiswa asean di Saga, sehingga dalam laga ini terdapapat warga Malaysia dan Thailand.

RUte

Peserta Laga Persahabatan

Dari 12 tim yang ada kemudian dibagi kedalam 2 group yang berisikan 3 tim Saga dan 3 tim Fukuoka. Dari masing masing juara dan runner-up group kemudian melaju ke semifinal. Partai semifinal adalah partai knock-out dan yang menang melaju ke Final.

RUte

Jalannya Laga Persahabatan

Jalannya pertandingan cukup seru, bahkan sesekali mengundang takjub dari penonton. Setelah sekitar dua jam melewati fase group terdapat 4 tim yang lolos ke semifinal dan 3 tim merupakan tim dari Fukuoka. 3 tim tersebut yaitu pasangan Didit-Iping, Yunus-Arul, Luki-Arif. 1 tim dari Saga yang lolos merupakan tim muda yang mempunyai talenta luar biasa.

Jalannya partai semifinal pun cukup alot, kedua pertandingan menyajikan permainan yang apik dan memaksa rubber set. Setelah melewati pertandingan yang panjang akhirnya pasangan tim Agus-Iping dan Yunus-Arul melaju ke babak final.

Sehingga pada laga final ini menyajikan All-Fukuoka Final antara Agus-Iping dan Yunus-Arul. Kedua pasangan ini memang sejak dari awal diunggulkan. Jalannya partai final pun cukup sengit dan menguras stamina sehingga memaksa pertandingan dihentikan sementara karena pasangan Yunus-Arul mengalami cidera. Dikarenakan Pak Yunus cidera dan tidak bisa melanjutkan pertandingan, maka posisinya digantikan oleh Mas Luki. Pertandingan pun dimulai kembali dan menampilkan permainan yang tak kalah menariknya. Smash dan tipuan pun selalu hadir dalam setiap poin yang ingin diraih. Kedua tim nampak sangat bersemangat dan tidak ingin melakukan kesalahan sedikitpun. Setelah sengitnya pertandingan akhirnya pasangan Agus-Iping keluar sebagai Juara. Laga persahabatan ini pun berakhir sekitar pukul 17.00 dan ditutup dengan penyerahan hadiah kepada juara pertama.

RUte

Penyerahan Hadiah

Setelah selesai laga persahabatan badminton, kegiatan dilanjutkan acara silaturami dan diskusi yang diadakan di ruang penyambutan tamu yang berlokasi di samping Gymnasium. Sebagai informasi ruang penyambutan tamu ini merupakan fasilitas yang disediakan oleh pemerintah Saga secara gratis bagi warganya. Dalam kegiatan silaturahmi ini sudah siap menyambut ibu-ibu aggota keluarga PPI Saga. Berbagai suguhan pun sudah di siapkan dengan rapi dan menarik. Berbagai suguhan tersebut seperti soto, perkedel dan tahu isi tentu membuat suasana menjadi hangat dan menghilangkan rindu masakan Indonesia.

RUte

Acara Silaturahmi

Acara silaturahmi dibuka sekitar pukul 18.00 oleh ketua PPI Saga, Pak Indra. Kemudian acara dilanjutkan dengan perkenalan masing masing anggota dan dilanjutkan dengan makan bersama. Acara silaturahmi pun berjalan dengan guyub dan penuh dengan canda. Sekitar pukul 19.00 setelah sholat maghrib, acara kemudian ditutup dengan foto bersama. Tim Fukuoka kemudian kembali ke Fukuoka dan tiba dengan selamat sekitar pukul 20.30.

arifMuhammad Arif Budiyanto
Department of Naval Architecture and Marine Systems Engineering (NAMS),
Kyushu University

Tim Editor: PH, AN, FM
Photo Copyright: Arif Budiyanto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s