Ramah Tamah Duta Besar RI Untuk Jepang dan FUMIKU CUP 2014



Kumamoto, Minggu, 2 Maret 2014 PPI Fukuoka bekerjasama dengan Forum Ukhuwah Masyarakat Indonesia di Kumamoto (FUMIKU) dan juga beberapa persatuan pelajar di Pulau Kyushu mengadakan perhelatan akbar menyambut kunjungaan duta besar baru Indonesia untuk Tokyo, Bapak Yusron Ihza Mahendra. Bersamaan dengan kegiatan ini jajaran staf KBRI Tokyo pun turut hadir dan membuka pelayanan terpadu bagi masyarakat Indonesia secara umum yang berdomisili di Jepang.

Gambar

Foto Bersama

Dalam pidatonya, Bpk. Yusron Ihza Mahendra menyampaikan apresiasi terhadap kerja sama FUMIKU dan PPIKJ sehingga acara ini dapat terselenggara, selain juga ikut berbagi pengalaman terkait perjuangan yang harus ia lalui di awal masa kuliahnya di Jepang, 24 tahun yang lalu. Pada kesempatan ini, beliau juga menekankan perlunya kerjasama antara masyarakat Indonesia yang berada di Jepang dengan pihak KBRI yang menyangkut urusan administrasi seperti lapor diri, urusan kewarganegaraan, bea-cukai dan lainnya. Dengan begitu,  nantinya akan mempermudah perlindungan warga negara jika terjadi hal-hal yang tidak diharapkan selama tinggal di Jepang. Lebih lanjut, keterangan terkait urusan administrasi konsuler, kewarganegaraan, dan bea cukai dijelaskan pada presentasi lanjutan yang diwakili oleh masing-masing atase.

Gambar 2

Bapak Dr. Yusron Ihza Mahendra

Pada kesempatan ini, saya bersama beberapa rekan dari PPI Fukuoka juga berkesempatan memanfaatkan fasilitas pelayanan warga negara di counter KBRI yang telah disediakan di tempat acara. Saya sangat mengapresiasi kinerja staf KBRI yang dinilai cepat dan ramah dalam melayani urusan lapor diri saya saat itu. Tidak lebih dari 5 menit semua dokumen bisa diserahkan untuk diproses di Tokyo, dan kurang dari 10 hari berkas dan passport sudah bisa saya terima kembali. Dengan ini, kami menghimbau untuk rekan-rekan yang belum berkesempatan lapor diri ke KBRI Tokyo, tidak perlu hesitate untuk segera mengirimkan berkas-berkas yang disyaratkan dan tidak perlu khawatir dokumen rekan-rekan hilang atau diproses dalam jangka waktu yang panjang.

Seperti yang dijelaskan di awal reportase, bersamaan dengan kegiatan resmi KBRI Tokyo ini, diselenggarakan juga turnamen bulu tangkis atau yang popular dengan even tahunan FUMIKU CUP. Dalam even yang dihadiri kurang lebih 300 warga masyarakat Indonesia dari berbagai wilayah di prefekture Kyushu, seperti Kumamoto, Fukuoka, Saga, Nagasaki, Oita, Kagoshima, dan Miyazaki, dari berbagai lapisan, mulai dari pelajar, para trainee/internship (kensushei) maupun masyarakat indonesia secara umum, Tim bulu tangkis PPI Fukuoka berkesempatan mempertahankan gelar juara peringkat ke-2. Hal ini menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi kita dan bulu tangkis PPI Fukuoka perlu mendapat perhatian khusus agar dapat meningkatkan prestasinya di masa mendatang.

Gambar3Widya Alwarritzi

Keiei Laboratory Agriculture and Resource Economic

Kyushu University

Tim Editor: PH, AN, FM

Photo Copyrights : Alfend Elias (Komunitas Photograper Indonesia di Fukuoka)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s