1907612_10201550684160920_1398577329_n

Pengumuman Lomba Foto SAKURA 2014


Fukuoka, Spring 2014. Menjumpai rekan-rekan yang menyambut musim semi tahun ini dengan penuh semangat, berikut ini informasi mengenai  perlombaan foto Sakura 2014 dengan tema pilihan: “ SAKURA AND ENVIRONMENT “ ( Sakura dan Lingkungan ).

Pendahuluan
Awal dari penyelengaraan Perlombaan foto ini adalah adanya inisiatif dari Persatuan Pelajar Indonesia di Fukuoka (PPIF) yang diwakili oleh Ketua PPIF  2014 -2015  yang mengajak Komunitas Photograper Indonesia di Fukuoka (KPIF) sebagai penyelenggara event ini.

Tujuan
Dengan adanya  perlombaan foto ini merupakan kesempatan untuk saling mengenal dan mempererat rasa persatuan sesama warga Indonesia.

Persyaratan dan detil perlombaan.
1. (a) Peserta adalah semua warga Indonesia dimanapun dan juga merupakan anggota group KPIF ( hal ini dikarenakan adanya pembicaraan dan menghasikan kesepakatan antara PPIF dan KPIF pada 23 Maret 2014 di Fukuoka.

Dikarenakan KPIF adalah closed group, kami sangat menyeleksi member yang ingin masuk, karena hal ini merupakan kesepakatan pendiri KPIF dan beberapa anggota loyal KPIF yang ingin menciptakan KPIF sebagai RUMAH yang nyaman dan saling menjaga. Oleh karena itu, untuk teman-teman Indonesia dimanapun berada yang belum menjadi anggota KPIF, silakan bergabug ke group KPIF dengan cara mengakses link berikut:

https://www.facebook.com/groups/326725334059286/

Berikutnya, Admin akan meng approve permintaan teman-teman dengan persyaratan mencantumkan nama atau ID yang sekiranya mudah dan jelas.

(b) Admin KPIF tidak diperbolehkan mengikuti perlombaan, tapi mempunyai hak untuk memberikan like satu karya.

2. Tema perlombaan yang diangkat adalah tentang sakura dan lingkungan.
Harapannya, peserta akan mengerti bahwa selain menceritakan sakura dalam karyanya, juga harus sebisa mungkin memasukan cerita lingkungan yang mendukung. Sebagai contoh, sakura dengan latar belakang orang-orang yang sedang ohanami, atau Sakura dengan latar belakangnya sebuah castle. Sehingga, ada suatu cerita (story telling) dalam karya fotonya.

3. Setiap peserta hanya dibolehkan mengupload 1 karya disertai penjelasan teknis pengambilan foto, seperti shooter speed, exposure dan iso. Karya tidak boleh re-upload, dan karya tersebut harus di upload di folder yang sudah disediakan panitia dengan link sebagai berikut:

https://www.facebook.com/groups/326725334059286/657579637640519/?notif_t=group_activity

3. Karya boleh di post-process di photoshop. Peserta sebebas mungkin berekspresi dengan skill yang dimilikinya.

4. Periode pengiriman dan pemberian vote ( like ) karya dimulai pada tanggal 24 Maret 2014 dan berakhir pada pukul 24:00 JST 30 April 2014.

5. Sistem penilaiannya  adalah sebagai berikut :
(a). Semua peserta akan dipilih 5 kandidat pemenang, dengan urutan berdasarkan peringkat dari vote/like terbanyak dan waktu yang terdahulu. Misalkan ada kasus jumlah vote/like yang sama, maka admin akan melihat yang terlebih darhulu mendapat vote/like tersebut.
Contoh:
A = 150 likes , April 30 2014 , 23:50:01 JST.
B = 150 likes, April 30 2014, 23:50:02 JST.
A lebih dahulu 1 detik dibandingkan B, maka dengan jelas A lah yang lebih di utamakan.

(b) 5 kandidat pemenang akan diumumkan pada tanggal 1 Mei 2014. Berikutnya dipilih 3 untuk ditentukan juara 1, 2 dan 3. Dewan Juri yang melakukan penilaian adalah para admin KPIF (Aris Priyo Susanto, Nana Suryana, Naldy Nirmanto Tjondronegoro, Rendra Utama, Aby  Ranto, Yul Martin , Yudi Chadirin, Alfend Elias) bekerja sama dengan Fotografer Japan, Kitagawa Tatsuhiro.

(c ) Hasil Final, Juara 1, 2  dan  3 akan diumumkan pada tanggal 4 Mei 2014 di Group KPIF, RFF dan PPIF.
(d) Yang bisa memberikan vote/like adalah anggota KPIF (kecuali admin), baik mereka yang berpartisipasi sebagai peserta lomba manapun mereka yang tidak. Pemberi vote hanya mempunyai SATU kesempatan untuk memberikan vote/like untuk satu karya.

6. Perubahan sewaktu-waktu dan keputusan admin adalah bersifat mutlak.

7. Penyerahan Hadiah akan dikonfirmasikan menyusul. dan sebagai ungkapan rasa terima kasih, penyerahkan secara formal kepada para pemenang akan dilakukan oleh perwakilan dari PPIF. Apabila pemenang berada diluar Fukuoka, maka hadiah akan dikirim melalui jasa post.

Maju Indonesia,

Alfend Elias

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s