Memetik Hikmah di Hanami 2014


“Orang berilmu dan beradab tidak akan diam di kampung halaman. Tinggalkan negerimu dan merantaulah ke negeri orang. Merantaulah, kau akan dapatkan pengganti dari kerabat dan kawan. Berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah berjuang” – Imam Syafi’i

Udara sejuk berhembus menggugurkan dedaunan sakura yang masih tersisa. Suasana romantispun tak terelakkan. Seperti di dorama Jepang, sakura memang sangat indah untuk dipandang. Apalagi bila dipandang secara langsung. Oleh karena itu, 6 April yang lalu PPI Fukuoka beserta Komunitas Photographer Indonesia di Fukuoka (KPIF) beserta Muslim dan Muslimah Fukuoka (Musfuk) datang berbondong ke salah satu dari seratus tempat terbaik untuk piknik sambil menikmati keindahan sakura (Hanami) di Ohori Koen. Kenapa berbondong-bondong? Karena memandang sakura sendirian akan mengakibatkan galau. Dunia berasa sunyi dan sepi  apalagi kamu tidak di sini.

Mas Hangga (Ketua PPI Fukuoka 2014-2015)

Mas Alfend selaku perwakilan KPIF

Acara yang dimulai pada pukul 10:30 waktu fukuoka ini diawali dengan agenda dari pasukan Musfuk yang dikomandoi oleh pak Kurniawan serta diselingi dengan kata sambutan dari ketua PPI Fukuoka 2014-2015 mas Hangga serta mas Alfend sebagai perwakilan dari KPIF. Musfuk mengadakan mengadakan perlombaan mewarnai untuk anak-anak serta mengadakan kuis tentang keislaman yang dibawakan oleh pak Deni Akbar. Sistem kuis yang dilakukan untung saja tidak mengadopsi sistem SNMPTN. Setiap kelompok yang menjawab benar akan diberi nilai 10 dan setiap kelompok yang menjawab belum benar tidak dikurangi nilainya, melainkan pertanyaannya akan dilemparkan ke grup lain. Salah satu pertanyaan yang diberikan oleh pak Deni akbar adalah “siapakah wanita pertama yang merupakan syahidah pertama dalam Islam?” dan kelompok yang diberi pertanyaan menjawab dengan benar. “Sumayyah binti Khubbath.”

Pak Deni Membacakan Soal Kuis

Sumayyah binti Khutbah adalah salah satu wanita yang memiliki tekad yang kuat dalam mewujudkan mimpi. Demi mimpinya untuk terus mempertahankan hidupnya dalam jalan Islam agar mendapatkan ridho Tuhan yang diyakininya, dia kuat dan tegar dalam menghadapi tirani nan zalim yang tega menyiksanya. Pun demikian halnya dengan Warga Negara Indonesia yang sedang menjalani hidupnya di fukuoka Ini. Datang dengan berbagai macam latar belakang pendidikan, dan terdiri dari berbagai macam sponsor mulai dari yang disponsori oleh pemerintah Indonesia, pemerintah Jepang ataupun berjuang dengan biaya pribadi. Dengan visi yang sama namun cara berbeda-beda, menjadi penggerak untuk kemajuan Indonesia, untuk Indonesia yang lebih baik.

Sedikit membuka tabir dibalik layar pelaksanaan Hanami edisi tahun 2014, pada awalnya hanami akan dilaksanakan pada tanggal 6 April 2014, namun karena pantauan dari para panitia diperkirakan pada tanggal yang ditetapkan tersebut akan terjadi hujan, serta memandang kenyataan bahwa sakura mulai berguguran dikarenakan fukuoka pada minggu – minggu tersebut acap  dihembus angin berkecepatan 16- 25 KM/ jam maka diputuskan bahwa hanami dilakukan menjadi tanggal 5 April 2014. Empat hari sebelum pelaksanaan hanami, terjadilah perubahan prakiraan cuaca. 4-5 April 2014 diperkirakan akan terjadi hujan dan 6 April cuaca akan menjadi cerah kembali. Dengan berbagai pertimbangan, pada akhirnya paniti memutuskan untuk mengembalikan jadwal berhanami ria pada tanggal 6 April tersebut. Panik memang, beberapa ada yang kesal karena harus mengatur kembali jadwal yang akan mereka lakukan. Namun semua tetap dengan semangat bergotong-royong untuk mewujudkan acara kumpul bersama ini. Dengan ini, maka jelaslah sesungguhnya sebaik-baiknya rencana manusia, tetap saja tangan-tangan Tuhan yang meberikan segala keputusan. Yang wajib kita lakukan adalah tetap berusaha dan terus memandang kedepan.

Setelah agenda dari Musfuk, kegiatan Hanami dilanjutkan dengan acara PPIF. Acara berupa perkenalan mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang baru datang ke Fukuoka di periode April ini serta perkenalan para pengurus PPI Fukuoka yang diwakilkan oleh  Hangga menjadi awal dalam kegiatan PPIF. Setelah menyelesaikan proses kenal-mengenal, untuk melepaskan rasa lapar serta menghangatkan badan di musim semi yang bersuhu musim dingin tersebut dilakukanlah Barbeque. Pada agenda ini, semua warga berbaur menjadi satu, semakin mendekatkan diri secara personal dan saling berebut mendapatkan daging sehingga suasana menjadi semakin menghangat dan lambat laun udara musim semi menjadi semakin indah.

Dalam agenda tersebut, tidak lupa para peserta yang ingin mengikuti lomba foto sakura yang dilaksanakan oleh KPIF mengabadikan setiap moment. Tak ingin terlewat, tak ingin tertinggal karena waktu pun tak dapat diulang dan sakura pun beranjak pergi. Hasil foto yang pemenangnya diumumkan pada tanggal 1 Mei 2014 akan bertarung di ranah facebook. Dan jangan lupa siapkan “like” anda untuk foto yang anda jagokan.

Lambat laun daging telah berpindah posisi, dari pemanggang hingga ke perut. Matahari pun berpindah semakin condong ke barat. Hingga pada akhirnya waktu pelaksanaan hanami 2014 hampir selesai. Sebelum meninggalkan Ohori Koen dan menutup agenda Hanami 2014, dilakukanlah foto bersama. Semua peserta beraksi dengan gayanya masing-masing dan say “cheeeers” ………

Foto Bersama Warga Indonesia di Fukuoka

Hari itu sejarah anak-anak manusia Indonesia yang berada di jepang disegarkan kembali..berkumpul kembali dengan keluarga-keluarga baru. Bersatu padu meraih cita dan cinta…

Dalam Cuaca cerah yang  kadang  berangin..

yang penting hati senang

kini..

Awal baru

semester baru

semangat baru

strategi baru

untuk Indonesia, Jaya!

photo Fadilla Zennifa

Biomedical Engineering Laboratory Graduate School of Systems Life Sciences

Kyushu University

Tim Editor: AN, FM

Photos Copyrights: Naldi Nirmanto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s