Global Village 2014


Global Village 2014, お疲れさまでした、みんなさん

Sebuah pencapaian yang luar biasa. Untuk kesekian kalinya pelajar-pelajar Indonesia di Fukuoka mampu menampilkan permainan angklung di depan masyarakat Jepang. Kali ini dalam acara Global Vilage yang diselenggarakan di Tenjin Chuo Park pada hari Sabtu, 26 April 2014. Apa sih Global Village itu? Global Village adalah sebuah event dimana orang-orang dan pelajar dari berbagai negara datang dan menampilkan kebudayaan masing-masing untuk diperkenalkan pada masyarakat Jepang, dan untuk mempersatukan begitu banyak orang di Fukuoka. Tidak hanya menampilkan tarian dan nyanyian tradisional, berbagai makanan khas juga dapat ditemukan di sini.

Seperti yang kita ketahui, kami dari Indonesia berkesempatan untuk menampilkan permainan angklung sebagai alat musik tradisional yang Indonesia banget. Dibawah naungan dari PPIF dan BSOB, segala perencanaan berlangsung dengan baik. Bahkan, beberapa dari kami yang masih duduk di tahun pertama dapat bergabung dalam event ini. Dua lagu daerah terpilih yang ditampilkan pada acara Global Village ini adalah Pileuleuyan  dan Manuk Dadali.

Latihan dan persiapan untuk penampilan angklung ini dilaksanakan sebanyak tiga kali, yaitu hari Minggu (13/4), Rabu (16/4) dan Kamis (24/4). Masa-masa latihan cukup sulit karena beberapa dari kami belum berpengalaman dalam memainkan angklung, ditambah keluar-masuknya anggota membuat formasi terus berubah-ubah. Meski demikian, dengan bimbingan dari Kak Irma dan bantuan dari band, serta keinginan masing-masing peserta untuk mampu tampil sebaik mungkin demi nama Indonesia, latihan yang begitu berat pun dapat dilalui dengan amat baik.

1932222_10203790618308190_5905757694797359969_n

Penampilan Angklung PPI Fukuoka

Hari Sabtu (26/4) para pemain dan anggota BSOB yang membuka stand barang-barang khas Indonesia sudah berkumpul sejak pagi hari. Sebagai informasi, semua penghasilan yang didapat dari penjualan barang di stand Indonesia disalurkan untuk amal bagi anak-anak Indonesia yang membutuhkan. Hebat bukan? Dengan cukup percaya diri dan sedikit deg-degan kami semua berlatih final beberapa kali namun hasilnya belum cukup memuaskan. Pada akhirnya kami berpasrah dan berdoa untuk penampilan yang terbaik. Tepat pukul 15.00, perwakilan dari Indonesia dipersilahkan untuk naik ke atas panggung dan tampil. Penampilan kami jauh lebih baik dari masa persiapan dan mampu menghibur orang Jepang yang tampak antusias dengan angklung. Beberapa ada yang datang untuk berfoto bersama dan mencoba memainkan angkung.

Stand yang menjual Barang – Barang khas Indonesia

Sungguh sukses besar karena waktu dan tenaga yang tercurah untuk mempersiapkan segalanya terbayar dengan penampilan yang menghibur dan mendapat banyak sambutan baik dari penonton. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus berjalan dan dikembangkan sehingga budaya Indonesia dapat dikenal secara luas dan juga mempererat hubungan persaudaraan antar pelajar di Fukuoka, saling mengenal satu sama lain dan mampu bekerja sama dalam event-event yang berikutnya. Ditunggu ya!

1743624_10203526107335581_807244439_n  Benedicta Celine
  International Undergraduate Program in English
  School of Agriculture, Department of Bioresource and Bioenvironment
  Kyushu University

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s