Hakata Dontaku 2014: Ajang Promosi Budaya dan Seni Indonesia


Dalam rangka memeriahkan Golden Week 2014 (salah satu hari besar di jepang yang dirayakan mulai dari Showa Day hingga Greenery Day, 29 april-7 mei), maka kota Fukuoka merayakan acara Hakata Dontaku pada tanggal 3 mei 2014, acara ini dimeriahkan dengan aksi parade dari beberapa kelompok senin local maupun internasional dan menampilkan penampilan terbaik mereka baik dalam bentuk tarian, pameran seni, dan dibalut dengan busana busana yang menunjukan ciri khas kelompok tertentu, tindak ketinggalan, turut tampil tim Indonesia yang bergabung dalam tim FOSA(Fukuoka Overseas Student Association) meriahkan acara ini.

Tim Indonesia terbentuk dari tim seni tari Bali yang didatangkan langsung dari Denpasar, dan tim dari PPI Fukuoka. Tim seni tari Bali menampilkan pertunjukan yang membawa patung patung dan topeng khas Bali, dan diiringi dengan bunyi gong dan gendang saat parade berlangsung. Sedangkan tim dari PPI Fukuoka menampilkan peragaan kostum daerah yang mewakili beberapa daerah yang ada di Indonesia, kostum yang ditampilkan pun beragam mulai dari pakaian adat khas Minang, Makassar, Jawa, Sunda dan sebagainya.

Pada acara ini, tim Indonesia cukup mendapatkan sambutan yang hangat, cukup banyak Nihonjin (Orang Jepang)  yang ingin tahu dan bertanya tentang apa yang tim lakukan selama parade, beberapa pun mendokumentasikan penampilan dari tim ini, bahkan Nihonjin yang tergabung dalam komunitas pencinta seni Indonesia pun ikut turut meramaikan acara parade dengan membantu membawakan beberapa atribut seperti payung dan aneka barang peraga, dan tidak sedikit yang berusaha melakukan gerakan – gerakan yang ditunjukan oleh tim seni tari Bali.

Bagi orang orang yang menonton acara Hakata Dontaku, acara ini sangat menghibur, dikarenakan acara ini diadakan pada salah satu liburan terpanjang di negeri sakura, dan liburan Golden Week dirasakan baik oleh pelajar ataupun pekerja * tidak seperti winter atau summer break yang hanya dirasakan oleh pelajar). Khusus bagi para pekerja, hiburan di Golden Week membuat mereka melupakan sejenak tuntutan kerja dimana kerja di Jepang sangat dituntut untuk memiliki profesionalitas yang tinggi.Untitled-1Untitled-3

Persiapan Kontingen Indonesia yang Tergabung dalam Rombongan FOSA

Sedangkan bagi PPI Fukuoka, acara ini menjadi acara untuk menunjukan kekompakan dan kekerabatan antar anggotanya, terhitung sekitar 72 anggota PPI Fukuoka turun langsung mengikuti parade dengan menunjukan pakaian adat Indonesia, selain itu dalam acara ini, tim PPI Fukuoka juga mampu menampilkan atraksi dan budaya dari Indonesia kepada penduduk di negeri sakura, karena acara Hakata Dontaku merupakan acara tingkat internasional yang diselenggarakan oleh pemerintah kota Fukuoka.

Hikmah yang dapat kita ambil dari acara ini adalah bahwa keunggulan budaya yang dimiliki oleh Indonesia tidak kalah menawan dibandingkan negara lain. Acara ini juga menunjukan bahwa antusias masyarakat negeri sakura terhadap penampilan penampilan budaya asing cukup tinggi, rasa keingintahuan masyarakat jepang terhadap budaya asing juga harus kita apresiasi, tanpa rasa keingintahuan mereka akan budaya asing, tentunya semangat tim untuk membawakan yang terbaik dari Indonesia akan menjadi sia sia. Hal lain yang mampu didapatkan oleh PPI Fukuoka dalam acara Hakata Dontaku ini adalah dengan semangat dan kerja sama, maka dengan sumber daya yang sebatasnya, kita mampu mendapatkan hasil yang cukup memuaskan pada acara ini.

Masih banyak acara acara lain di pulau Kyushu yang mampu menjadi ajang bagi PPI fukuoka untuk memperkenalkan budaya budaya Indonesia ke negeri sakura, kedepan, dengan evaluasi dan refleksi yang dilakukan setelah acara Hakata Dontaku 2014, acara – acara berikutnya dapat menampilkan lebih banyak atraksi-atraksi budaya nasional, karena pada dasarnya negara kita adalah negara yang kaya dengan pertunjukan budaya.

Untitled-2

Foto Bersama Setelah Acara Hakata Dontaku

Selamat berkarya, dan selamat atas kesuksesan bagi PPI fukuoka pada acara Hakata Dontaku 2014

Untitled-4Christianus Frederick Hotama

Japan in Today world exchange program

Kyushu university


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s