Atmosfer Keceriaan di Perayaan Hari Ulang Tahun Indonesia


Indonesia kita yang tercinta berulang tahun ke 69 pada hari Minggu, 17 Agustus 2014 lalu. Bertempat di Community Longue di gedung Kyushu University Station II for Collaborative Research Center for Advanced Research in Drug Creation, Maidashi Campus, segenap warga Indonesia di Fukuoka dan sekitarnya merayakannya dengan mengadakan lomba-lomba khas 17 Agustusan. Semuanya larut dalam keceriaan yang kental nuansa merah putih.

 

Perlombaan dibagi menjadi 3 kategori: lomba untuk anak-anak, ibu-ibu dan umum. Ada 4 lomba untuk anak-anak, yaitu lomba mewarnai, makan kerupuk, membawa kelereng dengan sendok dan estafet karet. Sekitar 20an anak mengikuti setiap lomba dengan sangat antusias.

Rangkaian lomba diawali dengan lomba mewarnai. Duduk melingkar, anak-anak dengan tekunnya memilih warna untuk gambar mereka. Sungguh mengasyikkan melihat wajah serius mereka ketika mengaplikasikan warna pada gambar mereka. Kemampuan memadupadankan warna mereka patut diacungi jempol.

 

Anak-anak sedang asyik mewarnai.

 

Lomba kedua adalah lomba makan kerupuk. Lomba ini sukses menyedot perhatian para penonton. Bagaimana tidak, melihat tingkah polah anak-anak yang sekuat tenaga melompat-lompat meraih kerupuk di depan mereka pastilah sangat menarik. Gelak tawa tanpa henti mengiringi lomba itu dari awal hingga akhir.

 

Sesaat sebelum lomba makan kerupuk dimulai.

 

Keseruan tak berhenti sampai situ saja. Masih ada lomba membawa kelereng dengan sendok yang membutuhkan konsentrasi dan kecepatan. Anak-anak dengan wajah tegang menggigit sendok, mencoba berjalan secepat mungkin sambil tetap menjaga keseimbangan agar kelerengnya tidak terjatuh. Sungguh menarik untuk disaksikan.

 

Konsentrasi penuh mempertahankan keseimbangan.

 

 

Lomba terakhir yang panitia siapkan adalah lomba estafet karet. Dalam lomba ini, peserta dibagi menjadi 3 kelompok. Masing-masing kelompok duduk berbaris ke belakang sambil menggigit sedotan. Peserta yang paling depan harus mengambil karet di depan mereka dengan sedotan, kemudian diberikan kepada peserta di belakangnya. Begitu seterusnya sampai pada peserta paling belakang. Peserta terakhir ini harus menaruh karet di tempat yang sudah disediakan panitia. Lomba ini sangat membutuhkan kerjasama dalam kelompok. Kelompok dengan jumlah karet yang paling banyak terkumpul adalah pemenangnya.

 

Kerjasama yang baik sangat dibutuhkan.

 

 

Bukan anak-anak namanya kalau lekas kehabisan energi. Setelah rangkaian lomba usai, mereka meminta panitia untuk mengadakan satu lomba lagi untuk mereka, lomba tarik tambang. Tanpa pikir panjang panitia menyetujuinya. Dibagi menjadi dua kelompok besar, tarik tambang pun dimulai. Anak-anak berjuang sekuat tenaga untuk saling menarik lawan mereka. Sakit di tangan tak digubris, capai di badan tak dirasa, anak-anak berjuang sampai akhir.

 

Keseruan saat tarik tambang.

 

 

Acara 17 Agustusan diakhiri dengan pembagian hadiah untuk para pemenang lomba. Kepada anak-anak yang tak menang pun tetap mendapatkan hadiah hiburan sebagai apresiasi antusiasme dan partisipasi mereka dalam mengikuti lomba. Walaupun pasti ada kekurangan dalam persiapan maupun pelaksanaannya, secara keseluruhan acara berjalan dengan baik dan lancar. Anak-anak senang gembira, panitia pun bahagia.

 

Pembagian hadiah kepada para pemenang.

Foto Bersama

Jauh bukan berarti tak cinta, tak pulang bukan berarti tak rindu. Meski jauh di mata, tanah air selalu ada di hati. Selamat ulang tahun, Indonesia. Segala doa yang baik terpanjat untuk Indonesia Raya. Semoga semakin maju, semakin jaya. Merdeka!

Fukuoka, 20 Agustus 2014

 

Yuslita Syafia

Research Student

Graduate School of Integrated Sciences for Global Society

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s