ULASAN GENERAL LECTURE PPIF  “MAKING SCIENCE PUBLIC” – SELANGKAH LEBIH MAJU DALAM PENGETAHUAN PENULISAN KARYA ILMIAH DAN PUBLIKASI INTERNASIONAL



Di penghujung bulan November 2014, PPI Fukuoka kembali mengadakan acara general lecture dengan tema “Making Science Public” yang ditujukan untuk menambah wawasan dan berbagi pengalaman dalam menulis, publikasi mempromosikan hasil riset serta kelanjutan riset setelah menempuh pendidikan tinggi.

Acara ini dimotori oleh divisi Kajian Strategis PPIF dengan mengundang beberapa pembicara (yang juga alumni PPI Fukuoka) yang saat ini berstatus sebagai postdoctoral fellow maupun bekerja di Kyushu University. Format acara dibagi dalam 4 sub tema yang merujuk pada permasalah-permasalahan yang biasa dihadapi peneliti dalam mempublikasikan hasil penelitiannya. “Setiap riset adalah unik” dan setiap orang mempunyai ciri nya sendiri dalam menuangkan ide dan hasil penelitiannya kedalam tulisan ilmiah.

Acara yang dipandu oleh moderator dari kastrat (Adrianto) ini dimulai dengan pemaparan oleh Pak Andi Hermawan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan suatu manuskrip penelitian sebelum dipublikasikan. Beliau memerangkan logika berpikir yang seyogyanya ditempuh oleh seorang peneliti dalam menyusun sebuah manuskrip sehingga dapat memenuhui standar umum untuk publikasi di jurnal ilmiah internasional. Beliau menekankan pentingnya 3 hal yaitu: organisasi artikel, style dan format serta gramatika, yang mana seringkali menjadi masalah peneliti-peneliti Indonesia pada umumnya. Manuskrip yang disiapkan haruslah dapat dimengerti secara umum bahkan oleh peneliti lain di bidang yang tidak terkait langsung dengan penulis. Selain itu target Jurnal yang dituju haruslah kita ketahui terlebih dahulu sehingga dapat menyesuaikan dengan tema umum dari jurnal tersebut dan isu/topic yang dibahas.

1

2

Pada sesi kedua, Pak Arif Widiatmojo, JSPS postdoctoral fellow di Department of Earth Resources Engineering memaparkan tentang hal-hal yang terkait dengan publikasi manuskrip. Beliau menjelaskan alur/proses publikasi dimulai dengan persiapan manuskrip, pengajuan jurnal, proses editorial/review, proses revisi dan hasil (accepted/rejected). Satu hal yang menjadi momok peneliti muda biasanya adalah ketakutan/ rasa was-was jika manuskripnya menerima penolakan dari jurnal yang dituju maupun tidak memenuhi standar. Untuk itu beliau menekankan pentingnya proses mencari jurnal yang tepat (melalui bantuan media online sepert Elsevier, Scimago), proses memeriksa ulang manuskrip untuk meminimalisir kesalahan dan menghindari plagiarism. Setelah pengajuan manuskrip pun proses menunggu pemeriksa eksternal/review merupakan proses yang sangat berat, yang mana beliau memberikan tips untuk tidak terpaku hanya menunggu, tetapi terus melakukan riset secara paralel sembari meningkatkan kualitas hasil penelitian dan mempersiapkan hal-hal yang sekiranya menjadi bahan pertanyaan para reviewer. Jadi pengaturan waktu dan tenaga peneliti yang efisien sangat penting dalam hal ini. Beliau juga memberikan analogi persamaan yang menarik untuk menjelaskan keterkaitan factor-faktor dalam tingkat penerimaan jurnal, yaitu :

Acceptance rate of scientific article = f (good research, well-written article, appropriate journal selection)

5

3

Sesi ketiga yang dibawakan oleh Pak Yayan Sofyan, seorang senior di PPI Fukuoka yang saat ini berstatus sebagai JSPS postdoctoral fellow di @ Laboratory of Geothermics, Kyushu University mengulas tentang bagaimana kita dapat memasarkan hasil penelitian dan membangun kerjasama dengan peneliti-peneliti lain yang terkait di bidang kita. Sebuah riset tidak hanya berhenti hingga publikasi di jurnal, tetapi hendaknya mampu dikembangkan menjadi suatu bentuk kerjasama dua arah antar peneliti yang dapat memberikan manfaat baik itu secara finansial maupun posisi si peneliti di suatu bidang. Dalam hal ini Pak Yayan memaparkan pentingnya belajar dari orang-orang lain dan membuka diri terhadap semua peluang yang ada baik itu dalam forum-forum ilmiah maupun juga dalam organisasi diluar kehidupan kampus.  Beliau memberikan tips aplikasi research grant dan postdoctoral serta menekankan pentingnya menjaga hubungan dengan professor pembimbing meskipun setelah lulus dari pendidikan tinggi. Untuk mencapai produktivitas riset yang diinginkan, beliau menyarankan 3 hal dasar/fundamental yang harus diperhatikan oleh seorang peneliti yaitu: Fundamental study (memperkuat dasar/literature review), meningkatkan kemampuan analisis dan penggunaan software/hardware terkait, serta memperluas jaringan dan komunikasi. Pada penghujung ulasannya beliau juga memaparkan pentingnya factor non teknis dari perspektif religi untuk memperkuat daya tahan kita terhadap masalah-masalah yang akan dihadapi.

6

7

Sesi terakhir yang membahas kehidupan setelah lulus dari pendidikan tinggi dan mencari pekerjaan di dunia riset dibawakan oleh Pak Sugeng Wahyudi, mantan ketua PPI Fukuoka 2008/2009 yang saat ini mendapatkan posisi sebagai Assistant Professor di Department of Earth Resources Engineering – Kyushu University. Seperti hal nya pemaparan sebelumnya oleh Pak Yayan, beliau juga menekankan pentingkan menjalin komunikasi dua arah dengan sesame peneliti dan jangan takut untuk memulai sebuah komunikasi. Selain itu, beliau menyarankan untuk membuka diri terhadap peluang dan tidak membatasi pencarian kerja hanya pada bidang yang digeluti, karena cakupan ilmu itu luas dan keahlian kita bisa saja berguna di bidang yang pada awalnya kita kira sama sekali tidak berhubungan pada. Dalam hal ini beliau memberikan tips bagaimana membuat sebuah proposal riset dan memberikan panduan kemana saja kita dapat mengajukan proposal tersebut.

Dari ulasan seluruh pembicara kali ini, warga PPI Fukuoka diberikan gambaran bahwa hidup sebagai peneliti dan produktivitas menulis tidak boleh berhenti pada saat menempuh studi saja, baik itu pelajar yang berasal dari instansi pemerintah, perguruan tinggi maupun yang merencanakan untuk menjadi peneliti di pusat-pusat studi Internasional. Kita seakan diingatkan kembali bahwa kemajuan sebuah bangsa terletak pada usaha dari setiap anak bangsa untuk mencapai yang terbaik yang bisa dilakukkannya. Dan sebagai seorang peneliti/calon peneliti hendaknya kita juga mempersiapkan diri menghadapi tantangan dunia riset dna menemukan kecintaan kita dalam bidang yang kita geluti.

8

9

Sebagai akhir dari ulasan mengenai general lecture kali ini, kami memberikan bahan pemateri secara cuma-cuma kepada seluruh warga PPI Fukuoka dalam bentuk file presentasi dari pemateri (.pdf) berdasarkan masing-masing sub tema.

11

10

Sub Tema 1: Manuscript Preparation

Dr. Andi Hermawan

JSPS Postdoctoral Fellow @ Laboratory of Wood Material Technology, Faculty of Agriculture – Kyushu University

Divisi Kerjasama Internasional PPI Fukuoka 2008/2009

File presentasi dapat diminta ke email pribadi pembicara : andi_boo@yahoo.com

Sub Tema 2: Submitting Manuscript to Journal

Dr.Eng. Arif Widiatmojo

JSPS Postdoctoral Fellow @ Department of Earth Resources Engineering – Kyushu University

Sekjen PPI Fukuoka 2010-2011

Link File: SubTema 2

Sub Tema 3: Continuation of research – Marketing your research

Dr.Eng. Yayan Sofyan

JSPS Postdoctoral Fellow @ Laboratory of Geothermics, Faculty of Engineering, Kyushu University

Kadiv Kesra PPI Fukuoka 2008/2009

Link File: SubTema 3

Sub Tema 3: Continuation of research – Marketing your research

Dr.Eng. Sugeng Wahyudi

Assistant Professor @ Department of Earth Resources Engineering – Kyushu University

Ketua PPI Fukuoka 2008/2009

Link File:  SubTema 4

IMG_1587Penulis:

Putu Hangga Nan Prayoga, M.Eng

Dr.Eng Candidate

Department of Naval Architecture and Marine System Engineering (NAMS) – Kyushu University

Ketua PPI Fukuoka 2014/2015



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s